Atlet dari 10 Negara Ikuti Turnamen Indonesia Para Badminton International di Solo

Atlet para badminton yang ikut dalam turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 yang diadakan di Edutorium UMS, Solo pada 17-22 September 2024.(Dok Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Turnamen bertajuk Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 akan berlangsung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah, pada 17-22 September 2024. Sebanyak 121 atlet dari 10 negara akan berlaga di 22 nomor pertandingan, termasuk tunggal dan ganda di kategori WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, dan SS 6. 

Raih 12 Emas, Indonesia Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum di Para Badminton Internasional 2023

Negara-negara yang ikut serta antara lain Australia, Azerbaijan, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Spanyol, dan Uni Emirat Arab. Tahun ini, ajang tersebut naik status menjadi Grade 2 Level 2, dan menjadi lebih bergengsi di kancah dunia dengan dukungan dari Bakti Olahraga Djarum Foundation serta hadiah total sebesar USD 10.000 atau sekitar Rp150 juta.

Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Rima Ferdianto, menyebut India sebagai salah satu lawan terberat, mengingat mereka mengirimkan 60 atlet. India berhasil meraih tiga gelar juara pada turnamen tahun lalu, dengan 14 atlet menduduki posisi runner-up dan juara ketiga.

Kalender BWF, FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 Digelar di Solo

“India diprediksi akan menjadi tantangan berat. Mereka memiliki proses regenerasi yang cepat dengan banyak pemain baru. Namun, kami juga menerjunkan sejumlah juara Paralimpade Paris untuk menjaga peluang juara,” kata Rima di Solo, Senin, 16 September 2024.

Beberapa juara peraih medali Emas dari Paralimpade Paris 2024, seperti Leani Ratri Oktila dan Hikmat Ramdani, juga akan tampil. Leani Ratri Oktila, yang meraih tiga gelar juara pada turnamen sebelumnya, akan fokus pada nomor ganda putri dan ganda campuran. 

Wakili Indonesia, Tim DKI Jakarta Raih Prestasi di Asia Junior Sports Exchange Games

“Target saya tetap sama, yakni menang, apalagi bermain di rumah sendiri,” ujar Leani.
 
Group Brand Head Hydroplus, Yose Moriza, berharap peningkatan status turnamen akan menarik atlet-atlet terbaik dunia dan memotivasi para atlet Indonesia untuk terus mengasah kemampuan dan mengharumkan nama bangsa di panggung internasional.

“Sebuah kebanggaan bagi Hydroplus Isotonic Drink bisa mendukung acara ini. Kami berharap para atlet dapat bertanding dengan semangat juang tinggi dan energi positif menuju podium tertinggi,” ujar Yose. 

Dukungan juga datang dari Bakti Olahraga Djarum Foundation. Yuni Kartika, perwakilan dari Djarum Foundation, menyampaikan bahwa penyelenggaraan turnamen ini menjadi bagian dari upaya menjaga prestasi para badminton Indonesia agar tetap bersinar. 

“Para badminton adalah olahraga yang mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia. Prestasi emas di nomor ganda campuran SL3-SU5 di Paralimpade Paris kemarin adalah bukti keberhasilan ini. Turnamen seperti Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 adalah upaya nyata untuk mempertahankan prestasi tersebut,” jelas Yuni, mantan peraih Piala Uber 1994.

Sementara itu, Hikmat Ramdani berharap dukungan masyarakat dapat membantunya mengulangi kesuksesan di Paralimpade Paris.

“Medali emas di Paralimpade Paris memberikan motivasi tambahan. Saya akan bermain maksimal dan berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Hikmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya