Sebelum Kenal Panjat Tebing, Veddriq Leonardo Ingin Jadi Atlet Bulutangkis

Veddriq Leonardo dan Anindya Bakrie di acara Demi Indonesia Satu
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Peraih medali emas Olimpiade 2024, Veddriq Leonardo bercerita mengenai olahraga pertama yang diliriknya. Ternyata, cita-cita awal Veddriq bukan menjadi atlet panjat tebing.

Veddriq Leonardo Gagal Raih Medali di PON 2024 Speed WR Putra

Dua olahraga yang menjadi bayangan Veddriq adalah bulutangkis dan sepakbola. Kebetulan, dua olahraga tersebut memang lebih populer di Indonesia.

"Waktu kecil saya suka main badminton dan sepakbola, jadi awalnya saya mau jadi atlet badminton atau sepakbola," kata Veddriq dalam acara Talkshow Demi Indonesia Satu di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

1.966 Anak Merintis Mimpi di Audisi PB Djarum, Kevin Sanjaya hingga Susy Susanti Jadi Pencari Bakat

Momentum Veddriq melirik panjat tebing adalah di Asian Games 20218 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Saat itu, olahraga ini mulai diperkenalkan.

Veddriq Leonardo dan Anindya Bakrie

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami
Momen Raisa Tampil di GBK Usai Laga Indonesia Vs Australia, Suaranya Bikin Merinding

Veddriq bercerita mengenai awal mula berkenalan dengan pelatihnya saat ini, Hendra Basir.

"Saya masih berkarier di daerah Kalimantan Barat kompetisi di nasional di Yogya. Pelatnas Asian Games saat itu juga di Yogya. Itu momentum  yang mempertemukan saya dengan pelatih, akhirnya saya diundang secara khusus ikut pelatnas Asian Games," jelas Veddriq.

Veddriq juga mengakui kesulitan saat menggeluti olahraga panjat tebing. Sebab, olahraga ini dulu belum populer di Indonesia.

"Waktu awal-awal merintis olahraga ini belum populer apalagi di tempat lahir saya di Pontianak belum banyak yang tahu. Saat mulai booming menjadi kesempatan untuk saya," ucapnya.

Keputusan Veddriq menggeluti olahraga panjat tebing terbukti tepat. Dia sukses mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024 di kategori speed putra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya