Update Ranking BWF: Gregoria Mariska Tunjung Naik Peringkat Usai Gondol Perunggu Olimpiade 2024

Tunggal putrI Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

Jakarta, VIVA – Asosiasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis ranking terbaru hari ini, Selasa 13 Agustus 2024. Tunggal putri bulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, naik peringkat usai menggondol medali perunggu Olimpiade Paris 2024.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Perempuan kelahiran Wonogiri itu mulai merapatkan barisan menuju posisi lima besar peringkat dunia. Peringkat Gregoria naik satu baris ke urutan tujuh dunia di bawah tunggal putri bulutangkis China, Wang Zhi Yi.

Gregoria Mariska Tunjung sabet medali perunggu Olimpiade 2024

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung
Sabet Emas Pertama, Indonesia Naik 19 Tingkat di Klasemen Medali Paralimpiade 2024

Gregoria telah mengoleksi total perolehan poin 77.662. Sementara Wang Zhi Yi lebih unggul dengan koleksi 83.215 di peringkat keenam ranking BWF. Sementara di urutan teratas peringkat tunggal putri bulutangkis ditempati oleh wakil Korea Selatan, An Se Young.

Pencapaian itu ditandai dengan keberhasilannya meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Kemudian di urutan kedua masih diduduki oleh Chen Yu Fei dari China dan jagoan Spanyol, Carolina Marin, di posisi ketiga.

Bulutangkis Indonesia Pastikan Emas dan Perak di Paralimpiade Paris 2024

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Sementara pada nomor tunggal putra bulutangkis, Jonatan Christie masih menjadi penggawa terbaik Tanah Air saat ini. Dia bertahan di peringkat kelima dunia. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting masih di urutan kesembilan ranking BWF.

Peringkat ganda putra bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto, juga tidak berubah. Mereka masih menetap di ranking keenam dunia.

Kemudian Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana di posisi ke-11, Leo Rolly Carnando/ Daniel Marthin ke-14, serta Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan di ranking ke-15.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva juga tidak berubah dari posisi sebelumnya pada ranking ganda putri bulutangkis dunia yakni peringkat kedelapan. Adapun Febriana Dwipuji/Amallia Cahaya Pratiwi berhasil naik satu tingkat ke-13.

Terakir di nomor ganda campuran, posisi Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari juga tak berubah, ranking ke-14. Begitupun dengan Dejan Ferdinansyah/ Gloria Emanuelle dan Rehan Naufal Kusharjanto/ Lisa Ayu Kusumawati di posisi ke-18 dan 20.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya