Raih Medali Perunggu Olimpiade Paris, Gregoria Bingung Harus Sedih atau Senang

Tunggal putrI Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

Paris, VIVA – Pebulutangkis Gregoria Mariska Tunjung menyumbangkan medali pertama buat Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Anindya Bakrie Optimis Anak Muda Berperan Besar Dorong Ekonomi RI Keberlanjutan

Usai menelan kekalahan dari wakil Korea Selatan, An Se-young dengan skor 21-11, 13-21 dan 16-21, Minggu 4 Agustus siang, Gregoria dijadwalkan akan melakoni laga perebutan medali perunggu pada Senin, 5 Agustus 2024 besok.

Namun mundurnya wakil Spanyol, Carolina Marin akibat cedera lutut saat bertanding melawan wakil China, He Bingjiao di semifinal, membuat Gregoria otomatis mendapat medali perunggu.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Gregoria Mariska Tunjung dan wakil tunggal putri Korsel, An Se-young

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

"Tadi aku lagi stretching, terus Marin jatuh, kebetulan hari ini aku ada tes juga, jadi aku tidak sempat lihat keputusannya bagaimana, cuman katanya diputuskan Retired," ucap Gregoria dalam rilis yang diterima VIVA Minggu, 4 Agustus 2024 malam. 

Hopes for New Economic, Business Perspectives in the Prabowo-Gibran Era

"Bingung ya, salah banget aku happy dengan penderitaan orang lain. Ini musibah untuk Marin, tapi aku bingung bereaksi saja, kaya tidak mau ini terjadi aja. Jujur banget aku bersyukur medalinya, tapi bukan happy gitu," lanjutnya. 

Ini merupakan medali pertama tunggal putri Indonesia setelah terakhir Maria Kristin mendapatkan medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008. Selain itu, ini juga menjadi catatan manis untuk tunggal putri yang tak pernah luput membawa pulang medali setelah lolos ke semifinal. 

 "Tentunya puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yah, atas kehendaknya atas ridhonya juga, setelah sekian lama kita tidak dapat medali di tunggal putri sekarang alhamdulillah Jorji bisa dapat medali perunggu. Ini juga berkat tim yang bagus, bukan karena saya sendiri, kalau saya lihat PBSI timnya sudah bagus, ada Tim Ad Hoc yang diisi oleh orang-orang yang kompeten di dalamnya, yang memang dibentuk oleh bapak Fadil, tujuannya untuk menjaga tradisi medali," kata pelatih tunggal putri PBSI, Herli Djaenudin,

"Target saya memang medali, kita tidak berpikir apa, yang penting medali dulu deh, karena lihat dari ranking di atas dia masih banyak. Ini jadi ajang pembuktian Jorji," sambungnya.

Sementara itu Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie mengungkapkan rasa syukur atas perolehan medali pertama Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Ia berharap ini bisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet Tim Indonesia lain yang masih berjuang untuk mendapatkan medali di Olimpiade Paris 2024 ini.   

Anindya Bakrie dan Gregoria Mariska Tanjung

Photo :
  • Instagram/anindyabakrie

"Menyesalkan musibah yang dialami Marin, semoga lekas pulih. Untuk Gregoria luar biasa perjuangannya, ini menjadi inspirasi bagi semua atlet bahwa apapun itu kita tidak boleh menyerah sampai di ujung. Ini kebanggaan buat kita. Besok akan ada medals ceremony dsn bendera Indonesia berkibar," ujar CdM Anindya Bakrie. 

"Alhamdulillah BWF sudah mengumumkan secara resmi bahwa Jorji atau Gregoria Mariska resmi meraih medali perunggu tunggal putri Olimpiade Paris 2024," ujar Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). 

"Perjuangan yang begitu luar biasa yang ditunjukkan oleh Jorji sampai akhir. Ini adalah sebuah ganjaran, medalinya Jorji itu bukan dikasih tapi sebuah perjuangan yang ganjarannya medali. Saya bilang tadi ke Pak Fadil, semua pasti ada hikmahnya. Allah tidak mungkin memberikan medali kepada orang yang salah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya