Bertemu di Semifinal Olimpiade Paris 2024, Gregoria Mariska Punya Rekor Buruk Vs An Se Young

Tunggal putrI Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

Paris, VIVA – Tunggal putri bulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berhasil memastikan langkah ke semifinal Olimpiade Paris 2024. Di sana dia akan berhadapan dengan lawan yang tangguh dari Korea Selatan, An Se Young.

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

Pertemuan keduanya akan berlangsung pada Minggu 4 Agustus 2024 di court 1 La Chapelle Arena, Prancis. Sebelumnya, Gregoria berhasil memetik kemenangan atas jagoan tunggal putri bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon dengan skor 25-23 dan 21-9.

Ganda putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara
Mengenal Perayaan Chuseok Melalui Makanan Khas Bibimbap hingga Pajeon

Dia juga sukses menuliskan rekor di olimpiade. Gregoria menjadi wakil tunggal putri bulutangkis Indonesia pertama yang melangkah hingga babak semifinal setelah 2008 silam. Kala itu Maria Kristin Yulianti menjadi wakil Tanah Air terakhir di nomor tunggal putri yang melaju ke babak tersebut pada Olimpiade Beijing.

Namun kini Gregoria punya PR besar di semifinal Olimpiade Paris 2024. Sebab, perempuan kelahiran Wonogiri ini punya rekor buruk melawan An Se Young.

RIIZE Senang Rayakan Setahun Debutnya Bareng Fans Indonesia

Tercatat secara head to head, Gregoria bahkan kalah telak dari tunggal putri bulutangkis asal Korea Selatan itu. Gregoria belum pernah menang atas An Se Young dari keseluruhan tujuh pertemuannya menurut data Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Pebulutangkis Korea Selatan, An Se-young juara Indonesia Masters 2023

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Gregoria juga belum lama dikalahkan An Se Young saat bertemu di semifinal Singapore Open 2024. Dia dibekuk oleh atlet Negeri Gingseng itu hanya dalam dua gim dengan skor 14-21 dan 21-23.

Tahun lalu, Gregoria juga takluk di tangan An Se Young dalam ajang BWF Wourld Tour Finals (WTF) 2023. Saat itu langkah andalan Indonesia tersebut dihentikan di babak kedua dalam skor 14-21 dan 16-21.

Hasil tersebut membuat Gregoria gagal memutus tren negatif pertemuannya di BWF WTF dengan An Se Young. Sebab pada edisi 2022 lalu, tunggal putri bulutangkis Indonesia itu juga kalah di babak kedua dengan skor 9-21, 21-11, dan 10-21.

Adapun kekalahan pertama Gregoria dari An Se Young didapat ketika babak 32 besar All England 2022 lalu. Saat itu kemenangan telak berhasil didapat wakil Korea Selatan dengan skor 21-16 dan 21-4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya