Pertama dalam Sejarah Olimpiade, Tunggal Putra Bulutangkis Indonesia Gagal ke 16 Besar

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

Paris, VIVA – Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting gagal menembus babak 16 besar tunggal putra badminton Olimpiade Paris 2024. Hasil ini meninggalkan catatan kelam untuk sejarah bulutangkis Indonesia.

Hasil Hong Kong Open 2024: Jojo dan Ginting Gagal Lolos ke Final

Jonatan kalah dua gim langsung 19-21, 14-21 dari wakil India, Lakshya Sen dalam laga terakhir Grup L, di Porte de la Chapelle Arena Rabu 31 Juli 2024 sore.

Adapun, Ginting juga menelan kekalahan dari wakil tuan rumah, Toma Junior Popov dalam laga terakhir grup H pada Rabu, 31 Juli 2024 malam.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Photo :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Pada gim pertama, Ginting kalah 19-21, kemudian di gim kedua ia sempat bangkit dan mengalahkan Popov dengan poin 21-17.

Kata Jonatan Christie Usai Tembus Semifinal Hong Kong Open

Sayang, ia gagal meraih kemenangan di gim penentu atau gim ketiga. Popov mengakhiri perjalanan tunggal putra Indonesia di Olimpiade 2024 dengan poin 15-21.

Dengan kekalahan Jonatan dan Ginting, untuk pertama kalinya dalam sejarah, sejak pertama kali bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia tidak mengutus tunggal putra di babak 16 besar.

Terkait hasil yang diperoleh, Ginting mengaku sangat kecewa. Dia mengakui lawan yang dihadapi saat itu bermain dengan sangat baik.

“Toma bisa lebih all out, lebih nekat dan bisa terus menekan terutama di gim ketiga. Ketika saya mencoba lebih tenang, tekanan dia tidak bisa saya netralkan dengan maksimal,” ujar Ginting.

Selain itu, Ginting menilai, Popov yang bermain di hadapan pendukungnya mendapat suntikan tambahan.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

“Sebenarnya saya juga punya semangat dan motivasi yang sama tapi ada sepersekian persen perbedaan yang bisa mempengaruhi hasil di lapangan,” jelas dia.

Kini, Indonesia hanya menyisakan dua wakil pada cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024, yakni tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang melangkah ke 16 besar dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang lolos ke perempat final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya