Jonatan Christie Gagal ke Perempat Final Olimpiade Paris 2024

Jonatan Christie juara BAC 2024
Sumber :
  • AP Photo

Paris, VIVA – Atlet bulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie gagal lolos ke babak perempatfinal atau 16 besar Olimpiade Paris 2024.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Kegagalan itu didapat Jonatan usai kalah dua gim langsung dari wakil India, Lakshya Sen dengan skor 18-21, 12-21 dalam pertandingan fase grup di Porte De La Chapelle Arena, Rabu 31 Juli 2024.

Dilansir dari Antara Rabu sore, pada awal gim pertama, Jonatan berhasil meraih lima poin berturut-turut tanpa memberi kesempatan kepada lawannya untuk mencetak angka. Jarak skor yang cukup signifikan di awal gim ini membuat Jonatan semakin percaya diri dan berani menekan Sen, sambil tetap menjaga fokusnya.

Sabet Emas Pertama, Indonesia Naik 19 Tingkat di Klasemen Medali Paralimpiade 2024

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Namun, pertahanan Sen yang kuat membantunya perlahan-lahan mengejar ketertinggalan hingga akhirnya menyamakan skor menjadi 8-8. Meskipun begitu, Jonatan tetap mempertahankan fokusnya dengan melancarkan variasi serangan, yang membuat perebutan poin menjadi sangat ketat.

Bulutangkis Indonesia Pastikan Emas dan Perak di Paralimpiade Paris 2024

Namun, smes keras dari Sen berhasil membuatnya unggul di interval gim pertama dengan skor tipis 11-10. Setelah jeda, Jonatan dengan tenang dan fokus berhasil menyamakan skor. Sayangnya, Jonatan tidak mampu mempertahankan momentum tersebut, sehingga Sen mampu mengumpulkan tiga poin berturut-turut.

Jonatan terlibat dalam reli panjang saat berusaha merebut poin ke-13. Kesabarannya berbuah manis dengan membalikkan keadaan menjadi 17-16, kemudian 18-16. Namun, momentum tersebut tidak berhasil dipertahankan, dan Sen berhasil memenangkan gim pertama dengan skor 21-18.

Setelah berganti sisi lapangan, Jonatan tampak berusaha menemukan ritme yang tepat untuk menembus pertahanan Sen. Meskipun sempat terjadi perebutan angka yang sengit, wakil Indonesia ini harus mengakui keunggulan lawan, dengan Sen unggul di interval 11-6.

Usai jeda singkat, Jonatan bermain lebih sabar untuk mengumpulkan poin satu per satu, memanfaatkan posisinya yang diuntungkan angin. Namun, ia masih tertinggal jauh dengan skor 10-17.

Walaupun berusaha mengejar, Sen tetap berhasil mempertahankan keunggulannya dan memenangkan gim kedua dengan skor 21-12.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Hingga saat ini, pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak utama bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024.

Namun, Indonesia masih memiliki peluang melalui dua nomor lain, yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, yang akan bertanding hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya