Lolos ke Perempat Final Olimpiade 2024, Fajar/Rian Bidik Status Juara Grup

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Paris, VIVA – Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengincar posisi juara grup pada laga terakhir fase grup Olimpiade Paris 2024 melawan unggulan ketiga Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Siap Jadi Tercepat, Pembalap Sepeda Tuan Rumah Bidik Medali Emas di PON 2024

“Alhamdulillah cukup senang bisa ke perempat final tapi kami belum puas. Sekarang kami ingin mengincar posisi juara grup dulu,” ungkap Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Adapun Fajar/Rian baru saja menang atas wakil tuan rumah Lucas Corvée/Ronan Labar melalui dua gim langsung 21-13, 21-10 pada pertandingan fase grup.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Mengenai jalannya pertandingan, ganda putra peringkat tujuh dunia itu mengaku bisa tampil sesuai dengan strategi yang mereka siapkan sebelumnya.

“Hari ini permainan kami lebih baik dari pertandingan pertama. Lebih menguasai keadaan arena walaupun lawan tuan rumah dengan suporter yang ramai tipikal suporter sepakbola. Tapi kami lebih inisiatif menyerang dan lebih percaya diri,” jelas Fajar.

Sinar Mas Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Paris 2024

Sebelum berjumpa dengan pasangan tuan rumah, Fajar/Rian sebenarnya sudah mengantongi satu kemenangan dalam fase grup.

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Namun, kemenangan Fajar/Rian di pertandingan sebelumnya melawan Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) tidak memberikan poin tambahan bagi mereka karena lawan memutuskan mundur dari Olimpiade akibat cedera.

Sesuai Peraturan Kompetisi Umum BWF untuk babak penyisihan grup, hasil dari semua pertandingan yang dimainkan, atau yang belum dimainkan, yang melibatkan pemain yang memutuskan mundur dari kompetisi, sekarang dianggap dihapus.

Meski demikian, juara bertahan All England Open itu mengaku tetap mengambil sisi positif dari hal tersebut.

“Dengan mundurnya pasangan Jerman memang poin kami kembali nol tapi kami coba ambil sisi positifnya. Mereka tidak mundur dari awal jadi kami punya kesempatan mencoba lapangan terlebih dahulu,” kata Fajar.

Sementara itu, pertandingan antara Fajar/Rian dan Rankireddy/Shetty dijadwalkan bergulir pada Selasa 30 Juli 2024 pukul 19.00 WIB. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya