Tim Medis Dinilai Lambat Tolong Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie, Begini Aturan BWF di Lapangan

Zhang Zhi Jie
Sumber :
  • Instagram

Yogyakarta – Tim medis menjadi bulan-bulanan banyak pencinta bulutangkis karena dinilai lambat dalam memberikan pertolongan pada atlet ChinaZhang Zhi Jie, di ajang Asia Junior Championship (AJC) 2024. Namun ada sebagian yang menilai bahwa sepenuhnya bukan kesalahan dari tim medis.

Dokter Tirta Analisis Penyebab Meninggalnya Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie

Menurut aturan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dalam regulasi “Informasi Pemain dan Pelatih tentang Penanganan Cedera di Lapangan (tertanggal) 2 Desember 2022”, menjelaskan bahwa tidak bisa sembarang pihak masuk ke lapangan tanpa izin wasit. Oleh karena itu, jika terjadi sesuatu pada atlet di lapangan, maka wasit di pinggir lapangan akan memanggil bantuan dengan mengangkat tangan kanannya.

Zhang Zhi Jie

Photo :
  • PBSI
Kata PBSI Soal Dugaan Telat Penanganan Tim Medis Hingga Meninggalnya Zhang Zhi Jie

Keterangan ini tertuang dalam poin pertama prosedur aturan BWF tentang “Informasi Pemain dan Pelatih tentang Penanganan Cedera di Lapangan (tertanggal) 2 Desember 2022.” Di poin selanjutnya dijelaskan bahwa tim wasit lainnya mendampingi pihak medis yang masuk ke lapangan.

“Jika seorang pemain memohon kepada wasit untuk menerima bantuan medis, wasit harus memanggil wasit ke lapangan dengan mengangkat tangan kanannya, dengan syarat banding untuk cedera atau penyakit yang nyata,” bunyi poin pertama regulasi BWF tersebut.

Viral Video Detik-detik Pebulutangkis China, Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia

Zhang Zhi Jie

Photo :
  • Instagram

“Wasit kemudian akan segera datang ke lapangan, diiringi dokter turnamen,” tulis BWF di poin kedua.

Selanjutnya, wasit dan tim medis turnamen harus segera menangani insiden yang terjadi di lapangan. Pihak medis diminta segera memberikan diagnosa usai memeriksa sang atlet agar permainan bisa ditentukan lanjut atau tidaknya.

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia bulutangkis tengah dihebohkan dengan kabar meninggalnya Zhang Zhi Jie. Pebulutangkis muda asal Negeri Tirai Bambu itu jatuh di lapangan ketika berlaga di babak penyisihan Grup D AJC 2024.

Saat itu dia bertanding melawan wakil Jepang, Kazuma Kawamo, di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Zhang Zhi Jie pun dinyatakan meninggal dunia pada Minggu 30 Juni 2024 sekitar pukul 23.20 malam WIB.

Sebelum meninggal, Zhang Zhi Jie sempat mengalami kejang ketika terjatuh di lapangan dalam keadaan tengkurap. Dalam tayangan ulang video yang beredar di media sosial, tampak wasit di pinggir lapangan langsung mengangkat tangan kanannya sebagai instruksi meminta bantuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya