Kata PBSI Soal Dugaan Telat Penanganan Tim Medis Hingga Meninggalnya Zhang Zhi Jie

Jumpa Pers PBSI di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

YogyakartaPebulutangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie meninggal dunia usai mengalami kolaps saat melawan atlet Jepang Kazuma Kawano dibabak penyisihan grup Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2024 di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu 30 Juni 2024.

Viral Video Detik-detik Pebulutangkis China, Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia

Usai kolaps, Zhang Zhi Jie sempat mendapatkan penanganan medis dari dokter lapangan. Zhang Zhi Jie pun kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan namun akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Zhang Zhi Jie

Photo :
  • PBSI
Profil Zhang Zhi Jie: Pebulutangkis China yang Meninggal Dunia di Asia Junior Championships 2024

Dalam postingan di media sosial X sempat beredar video kejadian kolapsnya Zhang Zhi Jie. Warganet menyoroti masalah penanganan medis dan kesan terlambat penanganan medis tersebut.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas dan Media Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Broto Happy angkat bicara. Broto mengatakan penanganan medis yang diberikan pada Zhang Zhi Jie sudah sesuai dengan standar operasional penanganan (SOP) dan aturan dari organisasi bulutangkis dunia atau Badminton World Federation (BWF).

Mobil Rp300 Jutaan Ini akan Jadi Sorotan jika Dijual di Indonesia

"Tim medis dan dokter turnamen segera masuk untuk memberikan pertolongan pertama setelah call dari referee. Ini merupakan aturan, sesuai SOP dan guidelines yang berlaku disetiap turnamen bulutangkis internasional dari BWF dan Badminton Asia," kata Broto di Yogyakarta, Senin 1 Juli 2024.

Broto menyebut tim medis sudah melakukan penanganan sesuai dengan standar yang berlaku dan sudah disahkan oleh aturan BWF. Broto membeberkan usai mendapatkan penanganan medis pertama di lapangan, Zhang Zhi Jie kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Tim medis masuk arena untuk melakukan pemeriksaan survei awal dan pertolongan awal sesuai prosedur. Setelah diberikan pertolongan pertama, dokter turnamen memutuskan untuk melarikan Zhang ke rumah sakit rujukan yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr. S Hardjolukito," ucap Broto.

Broto menambahkan pihaknya menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Zhang Zhi Jie. Ucapan belasungkawa ini juga mewakili PBSI maupun panitia pelaksana.

"Kami atas nama panitia pelaksana Badminton Asia dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia menyampaikan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Zhang Zhi Jie tadi malam," terang Broto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya