Profil Zhang Zhi Jie: Pebulutangkis China yang Meninggal Dunia di Asia Junior Championships 2024

Zhang Zhi Jie
Sumber :
  • PBSI

Yogyakarta – Dunia bulutangkis dihebohkan dengan kabar meninggalnya penggawa muda asal ChinaZhang Zhi Jie, saat mentas di kejuaraan Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2024. Pebulutangkis milik Negeri Tirai Bambu itu dinyatakan meninggal dunia pada Minggu 30 Juni 2024 malam WIB.

Mobil Rp300 Jutaan Ini akan Jadi Sorotan jika Dijual di Indonesia

Sebelum tutup usia, Zhang Zhi Jie sempat mengalami kejang-kejang di tengah laganya melawan wakil Jepang, Kazuma Kawamo. Laga itu merupakan bagian dari babak penyisihan Grup D AJC 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie meninggal dunia

Photo :
  • Instagram @badmintonasia.official
Fuji Terlihat Memalingkan Muka saat Papasan dengan Thariq dan Aaliyah Massaid

Diketahui, Zhang Zhi Jie sendiri merupakan pebulutangkis kelahiran 2007 menurut data Badminton Planet. Dia telah memulai kariernya di dunia bulutangkis sejak masih duduk di taman kanak-kanak.

Bakatnya itu kemudian terus berkembang hingga membawanya menjadi bagian dari tim muda bulutangkis China pada 2023 lalu. Dia pun unjuk gigi lewat kejuaraan pentas junior sebagai pemenang kelompok usia 15 tahun pada 2022.

Tanding Badminton, Thariq Halilintar: Alhamdulillah Pak Haji Menang

Zhang Zhi Jie juga aktif mengikuti berbagai kejuaraan bulutangkis. Dia pun kembali menunjukkan kualitasnya ditandai dengan kemenangannya di Kejuaraan Badminton Nasional 2024 dalam kategori beregu putra di Grup B.

MSEG buka cabang di Sunter, manjakan pecinta bulutangkis

Photo :
  • Istimewa

Di level internasional, pebulutangkis yang meninggal di usia 17 tahun itu juga pernah mengukir prestasi pada Kejuaraan Junior di Belanda tahun ini. Zhang Zhi Jie merupakan salah satu dari dua jagoan China di ajang AJC selain Wang Zi Jun.

Namun kariernya sebagai pebulutangkis dunia terpaksa berhenti. Dia pun menutup perjuangannya usai dinyatakan meninggal dunia di AJC 2024. Saat itu Zhang Zhi Jie mampu menandingi lawannya, Kawamo, dengan skor sementara 11-11.

Secara tiba-tiba dirinya seketika terjatuh di lapangan dengan kondisi tengkurap.

Saat itu juga dia sempat mengalami kejang-kejang membuat semua orang panik. Sejurus kemudian tim medis pun segera membawa sang atlet untuk ditangani di rumah sakit. 

Namun Zhang Zhi Jie tak sempat diselamatkan. Pihak Badminton Asia dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pun menyatakan sang atlet meninggal dunia pada Minggu 30 Juni 2024 sekitar pukul 23.20 malam WIB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya