Pertama di Dunia, Museum MotoGP Dibangun di Sirkuit Mandalika

Pengunjung melihat baju balapan di Pertamina MotoGP Experience Gallery (istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)

Lombok, VIVA  – Museum MotoGP pertama di dunia dibangun di Sirkuit Mandalika, Lombok. Museum bernama Pertamina MotoGP Experience Gallery tersebut diresmikan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan PT Pertamina (Persero), Sabtu, 28 September 2024.

Ruang Sakral Marc Marquez di MotoGP Mandalika 2024

Peresmian ini menandai pencapaian penting bagi Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Sirkuit Mandalika sebagai destinasi balap internasional berkelas dunia.

Direktur Pemasaran dan Program dan Program Pariwisata  InJourney, Maya Watono mengatakan Museum MotoGP tidak hanya memperkokoh posisi Mandalika sebagai destinasi balap internasional, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi sektor pariwisata di Lombok Tengah.

Jokowi Nonton MotoGP Besok, Polda NTB Berlakukan Contraflow Menuju Sirkuit Mandalika

Museum ini diharapkan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional, namun juga menjadikan Mandalika sebagai sport and entertainment tourism destination yang menyeluruh.

“Sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia kepada dunia secara lebih luas,” katanya.

MotoGP Mandalika Dipastikan Bakal Terus Berlanjut

PT Pertamina (Persero) sebagai pendukung utama MotoGP Indonesia 2024, berkomitmen dalam mendukung perkembangan ekosistem pariwisata di Indonesia melalui kolaborasi strategis.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan museum tersebut sebagai pusat edukasi dan informasi sejarah perkembangan dunia balap motor.

“Kehadiran museum ini tidak hanya memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap kelas dunia, tetapi juga sebagai pusat edukasi dan informasi sejarah perkembangan dunia balap motor.,” ujarnya.

“Ini selaras dengan visi Pertamina untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, termasuk dalam sektor pariwisata dan olahraga,” ujarnya.

Pertamina MotoGP Experience Gallery menawarkan berbagai memorabilia dari dunia MotoGP, seperti helm, mini bike, dan barang-barang ikonik lainnya yang pernah digunakan oleh para pembalap.

Selain itu, berbagai instalasi dan aktivitas digital interaktif di Kids Corner (Race With Wheelie) dan juga augmented reality di maket sirkuit di area “The Twists and Turns”, serta miniatur laboratorium dari Pertamina.

Kehadiran galeri ini tidak hanya memperkaya pengalaman pengunjung selama balapan berlangsung, tetapi juga bisa menjadi magnet wisata sepanjang tahun.

Direktur Utama ITDC Ari Respati, mengungkapkan bahwa galery ini akan menjadi warisan penting bagi dunia otomotif, khususnya MotoGPTM.

“MotoGP adalah salah satu event olahraga terbesar di dunia, dan kehadiran PT Pertamina sebagai sponsor utama merupakan wujud dari kontribusi dan kolaborasi bersama dalam memperkuat citra Indonesia di panggung internasional,” ujarnya.

“Museum ini akan menjadi ikon baru yang tidak hanya menarik wisatawan global, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional melalui industri pariwisata dan event olahraga berskala internasional.”

Dari segi tata ruang, museum ini memiliki beberapa galeri utama, di antaranya South Gallery yang berfungsi sebagai ruang serbaguna dengan kapasitas hingga 50 orang.

Ada juga North Gallery di Pertamina MotoGP Experience Gallery menyuguhkan pengalaman mendalam tentang dunia MotoGP dengan berbagai zona interaktif dan informatif.

Pengunjung dapat melihat kecepatan ekstrem motor MotoGP di area "Up-to 366.1 Kilometers per Hour" dan merasakan keseruan di Kids Corner sebuah aktivasi edukasi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Program ini merupakan Intellectual Property (IP) dari Dorna, melalui instalasi interaktif di galeri ini.

Di galeri Safety Behind The Wheels akan ditampilkan memorabilia asli milik pembalap yang didatangkan oleh Dorna.

Kemudian Area Beyond the Circuits akan coba memberikan pengalaman backstage access kepada pengunjung untuk mengintip suasana di dalam paddock, di sini pengunjung bisa melihat bahwa setiap pembalap selalu mendapatkan dukungan dari sisi teknis pada saat melakukan balapan.

Terdapat juga area The Frontrunners (Pertamina) yang terdiri dari tiga section: Pertamina & Motorsport, yang menampilkan sejarah keterlibatan Pertamina dalam perkembangan industri motorsport di Indonesia, Pertamina Lubricants, yang menyoroti inovasi Pertamina dalam produk pelumas dan Pertamina Enduro VR46.

Pengunjung juga dapat memahami tantangan unik Sirkuit Mandalika melalui area The Twists and Turns serta melihat perjalanan pembangunan sirkuit dan budaya lokal di Brief History of Mandalika & MotoGP.

Sementara itu, The Lane of Fame menampilkan para pembalap yang berlaga di Pertamina Grand Prix of Indonesia musim ini serta momen-momen bersejarah MotoGP.

Pertamina MotoGP Experience Gallery akan dibuka untuk umum sehingga semua penggemar MotoGP dapat merasakan pengalaman lebih dekat dengan dunia balap motor dan meresapi berbagai aspek pendukung MotoGP dari dekat.

“Pertamina Mandalika International Circuit dan Pertamina MotoGP Experience Gallery ini akan menjadi katalis untuk pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya