Balapan Motor Memperebutkan Piala Bobby Nasution Tabrak 6 Penonton, Ini Klarifikasi Panitia

Insiden di HIPMI Cup
Sumber :
  • Tangkapan layar

Deli Serdang, VIVA  – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar Cup Race, yang memperebutkan Trophy Bobby Nasution, berlangsung Sirkuit NP Alun-alun Kantor Bupati Deli Serdang, Kecamatan Lubukpakam, Sumatera Utara, Minggu 11 Agustus 2024.

Tips Berkendara di Saat Hujan, Bisa Gunakan Helm Sport Ala Pembalap

Namun, penyelenggaraan balapan motor mengalami insiden dengan pembalap keluarga dari lintasan dan menabrak 6 orang penonton yang menyaksikan Cup Race merebutkan trofi Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, M Bobby Afif Nasution, yang juga sebagai Bacalon Gubernur Sumut 2024.

Sontak insiden itu, viral di media sosial. Sedangkan, penonton menjadi korban, yakni Mutia (50), Alisa Zahra (8), Zihan (16), M Zakra (11), Burhanudin (57) dan Fahmi Idris (26).

Raffi Ahmad dan Marshel Widianto Masuk Tim Pemenangan di Pilgub Sumut? Ini Kata Bobby Nasution

Insiden di HIPMI Cup

Photo :
  • Tangkapan layar

Peristiwa itu, dibenarkan oleh Ketua HIPMI Deli Serdang, Ahmad Gafar Mubarok. Ia mengatakan selaku pihak panitia event olahraga tersebut, bertanggungjawab atas semua korban hingga proses perobatannya.

Seeding Run Balapan Sepeda PON 2024, Tentukan Posisi Start di Final

"Kami selaku panitia bertanggungjawab, kami bawa ke rumah sakit untuk berobat. Alhamdulillah, tidak ada masalah lagi. Seluruh korban sudah pulang ke rumah dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang sudah bertanggungjawab," sebut Gafar kepada VIVA, Senin malam, 12 Agustus 2024.

Gafar mengungkapkan sebelum Cup Race, pihak panitia sudah memberikan imbauan kepada penonton, lokasi aman untuk nonton. Namun, karena antusias masyarakat menyaksikan balapan motor itu, sehingga terlalu dekat menonton dengan trek.

"Antusias masyarakat Pakam ingin nonton itu, tapi beberapa tempat yang seharusnya safety sudah kita kosongkan memang, tapi yang namanya masyarakat kan, kayak mana," jelas Gafar.

Gafar menjelaskan pembalap tersebut, tidak sengaja menabrak penonton. Karena, dengan posisi pembalap itu, hilang kendali. 

"(Saat kejadian) kita tidak tahu juga kan pemotor hilang kendali, dia kondisinya, dan kita tidak mau sengaja juga mencelakakan orang," sebut Gafar.

Disinggung mengapa kegiatan ini menggunakan penyebutan Trophy Bobby Nasution. Gafar mengklarifikasi bahwa balapan ini, bahwa tidak melibatkan Walikota Medan itu, yang kini Bacalon Gubernur Sumut. Karena, Bobby Nasution menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus HIPMI Pusat.

"Panitia kan kami, karena dia ketua kami maksud awak, mau besar hati ngasihkan, tropi (tentang) dia, tidak ada kaitan dengan pak Bobby (sebagai penyelenggara) hanya inisiatif kita saja," ucap Gafar.

Dalam rilis Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, diterima VIVA, HIPMI Cup Race ini, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan.

Kepada para pemenang lomba, Pj Bupati Deliserdang berharap, prestasi yang diraih bisa dijadikan motivasi untuk terus berprestasi. Kepada para pelaku UMKM diharapkan event tersebut bisa meningkatkan omset penjualan dan memperluas jaringan pemasaran.

"Mari jadikan momentum ini untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan Kabupaten Deli Serdang," ucap Wiriya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris BPD HIPMI Sumut, Syuhada Fela Yuda beserta jajaran; Ketua HIPMI Deli Serdang, Ahmad Gafar Mubarak beserta jajaran, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya