MXGP Lombok 2024, Ratusan UMKM Ketiban Berkah

Lapak UMKM di dekat area panggung hiburan MXGP Lombok 2024 (Satria)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)

Mataram – Ajang balapan motocross dunia atau MXGP di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram, Lombok pada 29-30 Juni 2024 membuat banyak UMKM tersenyum gembira karena jualan mereka laku keras sepanjang acara.

BRI Raih Most Innovative Tech Finance Asia, Transaksi BRImo Tembus Rp 2.120 Triliun

Terlebih lagi, di hari kedua race dipadati banyak penonton baik lokal maupun mancanegara, sehingga lapak jualan yang telah disediakan di lokasi sirkuit dibanjiiri pembeli.

“Hari kedua saat final race cukup ramai pengunjung yang berbelanja,” ujar seorang pedagang di lokasi sirkuit, Sriwulaningsih, Minggu, 30 Juni 2024.

Pembalap Asal Belanda Juara MX2 2024 di Lombok

Dia juga mengaku senang telah diberikan lapak untuk berdagang di sana. Untuk satu tenda berukuran besar bisa menampung hingga dua UMKM, sehingga praktis banyak lapak pedagang yang tersedia.

Pembalap Red Bull Gas Gas Factory Racing, Jorge Prado meraih podium pertama di MXGP Lombok seri pertama 2024 (Kominfotik NTB)

Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)
Jorge Prado Juarai MXGP Lombok Seri Pertama

“Kami diberikan satu tenda untuk dua UMKM. Lokasinya juga tidak jauh dari panggung hiburan,” kata UMKM asal Kota Mataram ini.

Ada sebanyak 250 UMKM yang diberikan lapak berdagang di area Sirkuit Selapang. UMKM terbagi di lokasi area panggung hiburan, di luar panggung hiburan dan UMKM warga di pintu masuk eks Bandara Selaparang dan warga sekitar yang berjualan di pinggir lintasan sirkuit dengan besi penyekat bandara.

MXGP 2024 di Lombok berlangsung selama dua seri. Seri pertama pada 29-30 Juni 2024 dan seri kedua pada 6-7 Juli 2024.

“Alhamdulillah bawa berkah untuk UMKM, meski hari pertama cenderung sepi tapi saat hari kedua penjualan meningkat,” ujarnya.

Banyak penonton mancanegara memburu kuliner khas Lombok. Antusias penonton membeli di lapak UMKM terlihat memuncak saat konser musik malam kemarin. Konser menghadirkan artis tanah air seperti Fourtwnty dan Vierratale. Puluhan ribu penonton membludak di sepanjang panggung hiburan.

Pantauan media ini, terlihat banyak penonton memadati area UMKM sepanjang konser musik digelar. Mereka relatifnya membeli makanan ringan dan minuman.

Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram, Mamluatul Chair mengatakan dalam dua seri MXGP ada sembilan hari acara berlangsung di sirkuit. Selama sembilan hari itu juga UMKM boleh berdagang di sana.

“Karena itu, kami targetkan omzet pelaku UMKM bisa tembus Rp500 juta,” katanya.

Dia menargetkan Rp500 juta karena berkaca di tahun sebelumnya saat event digelar tiga hari namun berhasil meraup omzet Rp200 juta.

“Harapan kami MXGP 2024, pelaku UMKM bisa mendapatkan omzet lebih besar lagi serta bisa mempromosikan berbagai produk lokal,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya