Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Pembalap Ducati, Valentino Rossi, dengan helm khusus di Misano
Sumber :
  • CRASH.com

Jakarta – Valentino Rossi pernah gagal dalam upaya mencetak rekor unik dalam sejarah MotoGP. Justru Maverick Vinales yang sukses mencapainya usai tampil di MotoGP Amerika 2024.

Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Nasional di PON 2024

Rekor unik apa yang membuat Vinales bisa melampaui Rossi? Mengutip Crash, pembalap Aprilia tersebut menjadi sosok yang berhasil meraih kemenangan dengan tiga tim berbeda.

Sebelum menjadi juara MotoGP Amerika 2024 bersama Aprilia, kemenangan juga pernah didapat oleh Maverick Vinales ketika membela Suzuki dan Yamaha. Rekor yang luar biasa, apalagi ini kali pertama dia bisa menang GP setelah gabung dengan Aprilia pada pertengahan 2021.

IHSG Sesi I Ditutup Melesat Cetak Rekor Tertinggi Baru, Intip 6 Saham Cetak ARA

Pembalap yang hebat seperti Rossi belum berhasil bisa mencatatkan kemenangan GP dengan tiga tim yang berbeda. Karena sebelumnya cuma ada empat pembalap yang bisa melakukannya.

Pembalap Aprilia, Maverick Vinales

Photo :
  • AP Photo/Eric Gay
Jadwal Lengkap Balapan MotoGP San Marino 2024, Akhir Pekan Ini

Yang pertama adalah Mike Hailwood yang memenangkan GP ketika membela Norton, MV Agusta, dan Honda di kelas 500cc pada era 1960an. Selanjutnya ada Randy Mamola yang menang bersama Suzuki, Honda, dan Yamaha pada 1980an.

Pembalap asal Amerika Serikat, Eddi Lawson menjadi pembalap ketiga yang berhasil mencapai rekor MotoGP ini. Dia bisa menang bersama Yamaha, Hinda, dan Cagiva pada 1992.

Baru pada 2003 rekor unik ini bisa dicapai oleh Loris Capirossi. Dia masuk ke jajaran elite setelah menang di kelas 500cc dengan Yamaha (1996), Honda (2000), dan Ducati (2003). Dan sekarang Maverick Vinales mencapainya.

Valentino Rossi yang meraih 79 kemenangan bersama Honda, kemudian berjaya di Yamaha, gagal bisa mencapainya kaerna dia tidak bersinar ketika membela Ducati.

Ada satu nama pembalap lagi yang sejatinya berpeluang mencapai rekor MotoGP ini, yaitu Jorge Lorenzo. Dia pernah juara GP bersama Ducati dan Yamaha, tapi ketika gabung dengan Honda, tak mampu mengulangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya