Menanti Max Verstappen Kunci Gelar Juara Dunia F1 di GP Jepang

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen
Sumber :
  • Mobil Lubricant

VIVA – Pembalap Tim Bull Racing, Sergio Perez, berhasil memetik kemenangan di Formula 1 Singapura yang digelar Minggu malam, 2 Oktober 2022.

Canggihnya Pelumas Mobil Zaman Sekarang

Start strategis dari posisi dua di kondisi lintasan basah dimanfaatkan dengan baik oleh Perez untuk menyalip Charles Leclerc di tikungan pertama. 

Sementara Max Verstappen yang diprediksikan bakal memetik titel Juara Dunia F1 2022 di seri ini harus tertunda dahulu akibat peroleh poin yang kurang maksimal.

Max Verstappen Ingin Lupakan Hasil Buruk di F1 GP Monaco

Bagi Perez, kemenangan kali ini paling diharapkan semenjak terakhir naik podium teratas di Monaco sepuluh seri lalu. 

Persaingan posisi dua di klasemen Juara Dunia F1 2022 juga kian ketat menempel Leclerc hanya terpaut 2 poin, Perez miliki 235 poin.

Lewis Hamilton Cuek Dikritik Tampil Buruk Jelang F1 GP Monaco 2024

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengungkapkan bahwa di balapan apapun bisa terjadi, kendala cuaca hingga penerapan strategib isa tiba-tiba tak sesuai pengharapan. 

"Apa yang dilakukan Sergio Perez memang sesuai keinginannya untuk bisa menang di F1 Singapura, setelah melihat hasil beberapa seri yang kurang memuaskan," kata Sri Adinegara.

Sementara Max sudah berusaha menunjukkan performanya, tapi ini adalah kemenangan lain yang tertunda, pastinya dia akan lebih fokus untuk hadapi F1 Jepang dan petik titel Juara Dunia F1 2022 di sana," ujar Sri Adinegara.

Sebagai pemenang balapan di F1 Singapura, Sergio Perez mengakui sangat senang mendapatkan kemenangan ini untuk dirinya dan tim Red Bull Racing. 

"Kemenangan ini sangat berarti, saya belum pernah naik podium dalam beberapa balapan terakhir, tetapi selalu memantau dan membuat kejutan, jadi saya sangat bangga dengan hasil hari ini. Secara mental itu sulit, dan harus tetap waspada sepanjang balapan," jelas pembalap asal Meksiko ini.

Perez mengutarakan sangat rumit balapan di kondisi usai hujan deras dan orang-orang tak bisa membayangkan betapa sulitnya mengemudi di sana. 

"Melewati sektor terakhir sangat sulit. Saya pikir ada sedikit miskomunikasi dengan safety car, dia melaju sangat cepat di tempat-tempat di mana saya tidak bisa mengikutinya dan kemudian melambat di mana saya bisa melaju dengan cepat. Kami berkendara begitu licin di basah mencoba untuk menjaga suhu dan itu sulit," tegasnya.

Max Verstappen yang finis posisi tujuh mengapresiasi kemenangan kepada Perez di F1 Singapura, Menurut Max, Perez memang layak untuk meraih kemenangan itu. "Dia menampilkan performa yang luar biasa," ucapnya.

Lebih lanjut, pembalap asal Belanda ini juga mengomentari kemenangan yang tertunda di F1 Singapura. 

"Dari sisi saya, balapan kali ini adalah akhir pekan yang membuat frustrasi. Balapan tidak dimulai dengan baik, kendala di anti-stall, jadi saya kehilangan banyak posisi di awal," ucapnya.

"Dari sana dan seterusnya, saya mendapatkan kembali ke posisi yang wajar setelah beralih ke ban slick, tetapi ketika saya ingin

melewati Lando Norris, mengerem kuat dan menabrak kerb besar menyebabkan keluar dan ban terkunci,” jelasnya. 

Akibat insiden kecil tersebut Verstappen masuk ke pit stop untuk mengganti ban baru. “Karena ban alami flat spot yang besar sehingga harus memulai dari awal lagi, posisi belakang. Sulit untuk melewati pembalap di depan di trek ini," ucap Max.

"Terutama ketika ban kami semua mencapai suhu, jadi saya terjebak untuk sementara waktu. Setidaknya bagus untuk mendapatkan beberapa poin tetapi bukan itu tujuan kami di sini, waktunya untuk fokus pada Jepang,” kata Verstappen. 

Seri berikutnya akan berlangsung di sirkuit Suzuka di Jepang pada 9 Oktober mendatang. Sri Adinegara mengharapkan penggemar Formula 1 di tanah air beserta konsumen Mobil 1 Lubricants bisa turut memberikan dukungan untuk kemenangan Max Verstappen di F1 Jepang.

“Semoga saja di F1 Jepang Max Verstappen bisa menang dan mempersembahkan gelar Juara Dunia F1 2022. Dirinya juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh Tim Red Bull Racing F1 juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1TM dan Mobil SuperTM yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya