Merasakan Perbedaan Latihan Petarung UFC Indonesia Jeka Saragih

Jeka Saragih berbagi ilmu MMA
Sumber :
  • Mola

VIVA – Setelah sukses menggelar program Warrior Workout pada Juli lalu, Mola kembali memberikan wadah bagi pencinta UFC di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman berlatih olahraga MMA di Jakarta pada Minggu 1 September 2024 bersama satu-satunya petarung asal Indonesia di UFC, Jeka Saragih

Selebgram Indonesia Ngaku Di-DM Khabib Nurmagomedov, Eks Manajer: Menjijikkan!

Kali ini, Jeka tak hanya berbagi teknik-teknik dasar tapi juga berbagi pengalamannya berlatih dengan menu pelatihan di Amerika yang mampu membuatnya menembus karier internasional sebagai petarung UFC. 

UFC adalah ajang olahraga paling bergengsi yang menjadi tujuan semua atlet MMA di seluruh dunia. 

Ngaku Digoda Khabib Nurmagomedov, Selebgram Annette Anastasya Lauda Dituntut Klarifikasi


Kurang lebih hanya 500 petarung terbaik yang mampu terpilih dan bergabung dalam UFC. 


Maka tak berlebihan jika Jeka Saragih sudah menjadi simbol kebanggaan nasional yang menginspirasi generasi muda Indonesia untuk mengejar mimpi di panggung internasional.

Khabib Nurmagomedov Kegep Menggoda Selebgram Cantik Indonesia


Dari ribuan atlet MMA di seluruh dunia yang menginginkan berlaga di UFC, Jeka telah membuktikan bahwa atlet Indonesia dapat bersaing di level tertinggi dengan kerja keras dan dedikasi. 


Karena hanya petarung terbaik yang bisa mencapai arena Octagon UFC, menjadikannya simbol tertinggi kesuksesan dalam dunia MMA. 


Popularitas UFC di kalangan selebritis dan atlet internasional juga semakin menegaskan status UFC sebagai ajang olahraga teratas. 


Tidak jarang pula selebritas seperti Jared Leto, Mark Wahlberg, Drake, dan Mbappe menghadiri acara UFC, yang tiketnya sendiri bisa mencapai miliaran rupiah. 


Di Indonesia, popularitas UFC juga terus meroket. Tak mengherankan juga jika peserta di Warrior Workout yang telah digelar ketiga kalinya ini juga cukup membludak. 


Workshop yang direncanakan hanya berlangsung 2 sesi, terus berlanjut hingga sesi ke-3.

Beberapa wajah figur publik yang meminati olahraga MMA seperti Daffa Wardhana, Roy Ricardo, dan Bastian Steel terlihat hadir dan serius mengikuti latihan dan pengalaman sparring langsung dengan Jeka Saragih. 

Aktor Daffa Wardhana yang memang memiliki dasar bela diri Brazilian Jiu-Jitsu sangat terkesan dengan pengalaman berlatih yang berintensitas tinggi dan memacu adrenalin bersama Jeka Saragih. 

Menurutnya Warrior Workout sangat seru dan membuatnya terinspirasi lebih karena ada figur atau sosok yang dianggapnya paling inspiratif di MMA Indonesia. 


“Merasakan Jeka mengajar di depan, membuat kita semua peserta semakin semangat. Bahkan saat mencoba sparring grappling dengan Jeka, kerasa banget muscle build dia memang beda, mulai dari balance sampai pressure pointnya yang luar biasa ketat dan bikin gue sulit bergerak,” kata Daffa.

“Menurut gue, Jeka sudah berada in another level dan UFC bukan hanya sekadar fight tapi juga soal industri dan ekosistem. Di setiap fight selalu ada hal baru yang bisa diomongin, ada hiburan yang baru, drama, psywar, dan full of surprises,” sambungnya.

Lain lagi dengan Bastian Steel yang sempat menyaksikan langsung pertarungan debut UFC Jeka Saragih di arena Oktagon Las Vegas Amerika Serikat saat berhasil mengalahkan petarung Brazil Lucas Alexander pada November 2023 silam. 


“Hari ini melihat teman-teman berlatih bareng Jeka Saragih seru banget dan merasa agak cemburu, karena nggak bisa ikut latihan langsung secara penuh, ikut grappling seru banget dan intens, dan bikin gue mau latihan terus. Semoga Jeka ini bisa terus ada waktu untuk bisa bikin workshop kayak gini,” kata Bastian.


“Tapi ada workshop atau nggak, sepertinya aku akan tetap latihan terus. Dari dulu memang aku suka banget combat sport. Dari kecil suka nonton tinju dan lain-lain sampai akhirnya ketemu UFC yang ternyata sangat menyenangkan. Karena memang tarungnya bebas, ada grappling, ada boxingnya juga, ada muay thai, dan lain-lain, tapi juga ada drama-drama yang membuat kita tertarik terus pengen menonton UFC. Jadi UFC memang keren banget!” ungkap Bastian. 

Jeka mengakui bahwa jalan menuju UFC sama sekali tidak mudah, namun pengalaman UFC telah mendorongnya naik ke level yang lebih tinggi. Ia memacu diri untuk terus disiplin menjalani menu latihan yang sangat ketat dan keras. 

“Dengan fasilitas berlatih yang lengkap di Amerika, saya bisa dilatih langsung oleh pelatih MMA terbaik dunia, latihan sparring dengan petarung terbaik dunia yang mempertajam keterampilan dan membuat saya lebih tangguh secara mental maupun fisik,” kata Jeka.


“Tinggal saya yang harus berjuang setiap hari untuk meningkatkan diri agar bisa mempertahankan tempat di UFC. Dengan standar yang sangat tinggi di UFC, kalau jelek, kamu bisa mati. Setiap kali masuk oktagon, kita mempertaruhkan hidup dan mati. Satu pukulan di UFC bisa mengubah hidup kita selamanya,” sambungnya.

Minat terhadap olahraga MMA tidak hanya meningkat di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Jeka Saragih yang berhasil menjadi atlet UFC memang membuat popularitas olahraga MMA di Indonesia meningkat pesat. 


Ditambah lagi, prestasi petarung-petarung Muslim seperti Khabib Nurmagomedov dan Islam Makhachev yang semakin cemerlang turut menambah minat audience UFC di Indonesia sekaligus menunjukkan bahwa UFC adalah ajang keren yang menarik atlet dari seluruh dunia. 


UFC kini tak hanya menjadi kasta tertinggi olahraga MMA, tetapi juga menjadi magnet bagi petarung, atlet, penggemar, dan pesohor dari seluruh dunia. Event UFC sekarang bahkan sudah berkeliling dunia, hingga Australia, Brasil, dan Timur Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya