Petinju Amerika Serikat Ryan Garcia Dipecat WBC Gegara Hina Islam di Media Sosial

Juara dunia tinju kelas ringan, Ryan Garcia
Sumber :
  • DAZN

Amerika Serikat  – Nasib miris dialami petinju asal Amerika Serikat (AS), Ryan Garcia. Petarung berusia 25 tahun itu dipecat oleh Dewan Tinju Dunia (WBC) akibat ulahnya di media sosial.

Tak Cuma Amerika, Negara Eropa Ini Pendukung Terbesar Genosida Israel di Gaza

Garcia dinilai telah menghina agama Islam dan menebar ujaran rasis terhadap orang kulit hitam. Keputusan mendepak Garcia disampaikan langsung oleh Presiden WBC, Mauricio Sulaiman pada Kamis 4 Juli 2024.

Bintang tinju dunia, Ryan Garcia

Photo :
  • DAZN
Sempat Heboh Kasus Indosarang, Influencer Daggy: 98 Persen Orang Korea Selatan Rasis

"Menjalankan otoritas saya sebagai presiden WBC, dengan ini saya memecat Ryan Garcia dari aktivitas apa pun dengan organisasi kami," bunyi pernyataan Sulaiman dalam laporan TalkSport, Jumat 5 Juli 2024.

Sulaiman menegaskan pihaknya menolak segala bentuk diskriminasi. Meski demikian dia juga khawatir dengan keselamatan sang petinju.

Licik, Netanyahu Kirim Bos Intelijen Israel Buat Negosiasi dengan Hamas

Sebab, Garcia diketahui sedang mengalami gangguan mental menurut pengakuan keluarganya. Dia juga dikabarkan sempat kecanduan minuman keras yang saat ini sedang berusaha ditangani oleh pihak keluarga.

Petinju muda Amerika Serikat, Ryan Garcia

Photo :
  • Bad Left Hook

"Kami menolak segala bentuk diskriminasi. Saya khawatir dengan keselamatan Ryan Garcia karena dia telah menolak beberapa kali permintaan bantuan kami terkait kesehatan mental dan penyalahgunaan zat," lanjut Sulaiman.

Masih melansir dari sumber yang sama, Garcia sendiri telah meminta maaf atas sikapnya tersebut. Dia mengaku apa yang dilakukannya itu hanya sebatas bercandaan.

Pihak keluarga juga menegaskan tingkah laku sang anak bertentangan dengan karakter aslinya. Sikap itu juga disebut tidak mencerminkan pendidikan yanh diberikan keluarga kepada Garcia.

Meski demikian, tindakan Garcia tersebut tetap tidak dibenarkan. Keluarga Garcia pun berjanji untuk lebih membimbing sang anak juga agar bisa memperbaiki kembali mentalnya.

"Putra kami baru-baru ini membuat pernyataan yang tidak sesuai dengan karakter atau keyakinannya yang sebenarnya, atau keluarga kami," bunyi keterangan orang tua Garcia.

"Keluarga kami dengan tegas tidak mendukung pernyataan apa pun yang dibuatnya terkait ras atau agama. Pernyataan tersebut tidak mencerminkan siapa Ryan sebenarnya dan bagaimana ia dibesarkan," lanjut pernyataan tersebut.

Terlepas dari itu, Ryan Garcia sendiri saat ini diketahui sudah mulai berbenah. Dia mengurangi tingkat konsumsi minuman kerasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya