Capaian Terbaik di Peparnas 2024 Solo, Atlet Renang Sumut Sumbang 3 Medali Emas

Atlet renang Sumut Peparnas 2024 di Solo.(NPC Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Solo, VIVA – Prestasi gemilang ditorehkan cabang olahraga para renang (swimming) Sumatera Utara di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Solo, Jawa Tengah. Total cabor para renang Sumut menyumbangkan 3 medali emas dan 3 perak. 

PDIP Targetkan Edy Rahmayadi Raih Kemenangan 70 Persen di Kawasan Danau Toba

Torehan ini tentu lebih baik dari Peparnas 2016 Jawa Barat dan 2021 Papua yang hanya meraih dua medali emas. Apalagi, pada Peparnas tahun ini, tiga atlet yang memperkuat Sumut sukses persembahkan medali emas. 

Pada hari terakhir yang berlangsung di lintasan kolam renang Intan Pari, Kabupaten Karanganyar, Sabtu 12 Oktober 2024 siang, para renang kembali sabet satu medali emas. 

Polresta Surakarta Terjunkan 360 Personel Amankan Penutupan Peparnas 2024, Jokowi Hadir?

Tampil di final nomor 50 meter gaya kupu-kupu S6 putra, Fadli Ramadhan sukses meraih emas setelah finish tercepat dengan catatan waktu 40,54 detik. Medali perak dan perunggu direbut atlet dari Jawa Barat. Fernando Candra Ibrahim rebut perak dengan waktu 42,17 detik dan Munawar Haris harus puas perunggu dengan 45,24 detik. 

Usai meraih medali, air mata Fadli pun pecah seketika. Dirinya, mengaku sempat down lantaran panitia sempat memutuskan dirinya didiskualifikasi. Namun, setelah dilakukan review rekaman video, Fadli dinyatakan tidak melakukan kesalahan. Bahkan, tim official Jawa Barat yang melayangkan surat protes, ternyata tetap dinyatakan sah oleh tim Technical Delegate. 

Kontingen Sumut Sukses Tambah Emas di Peparnas, Cabor Angkat Berat, Renang dan Anggar

"Alhamdulillah, saya bisa membawa medali emas ini. Terima kasih untuk almarhum orang tua saya dsn uwek saya dan semua pengurus NPC dari provinsi Sumut dan Asahan yang terus mendukung saya," ucap Fadli ditemui usai pengalungan medali, Sabtu 12 Oktober 2024.

Fadli juga mengaku puas dengan penampilan selama di Peparnas kali ini. Mengingat saingan di tahun ini sangat sengit. Torehan satu emas dan dua perak sekaligus membayar lunas pengorbanan dan latihan keras di daerah. 

"Tergantung mental kita untuk melewati proses ini. Saat kita latihan, orang mungkin pada tidur. Kita latihan di sini usai Subuh dan latihan sore. Tapi, inilah perjalanan proses kami latihan rutin. Ada cidera juga dalam proses ini, tapi Alhamdulillah hasilnya memuaskan," ucap Fadli.

Sementara, pelatih para renang Sumut, Brian Howard mengaku bangga atas perjuangan keras para atlet sejak tiba di Solo. Brian mengatakan capaian ini merupakan sejarah baru bagi cabor para renang Sumut yang sukses menyabet tiga medali emas. 

"Di tahun 2016 kita cuma dapat 2 emas. Pada 2021 Papua juga 2 medali emas. Jadi, tahun ini kita 3 emas. Bahkan, Peparnas tahun ini dari tiga atlet kita semuanya juga dapat medali," katanya. 

Meski telah menorehkan sejarah apik di Peparnas kali ini, dirinya selalu mengingatkan para atlet tidak cepat puas dan euforia. Masih banyak evaluasi yang harus diperbaiki usai tiba di daerah. 

"Endurance kurang dan konsistensi latihan masih kurang. Kemudian saya mau naikkan teknik dalam waktu empat tahun ke depan. Mudah-mudahan Yecikarani dan Fadli bisa juga dipanggil pelatnas karena mereka juga meraih emas dan mendekati rekor juga," ujarnya. 

Sementara peraih medali terbanyak cabor para renang pada Peparnas tahun ini adalah Jawa Barat dengan 17 emas, 15 perak, 14 perunggu. Diikuti DKI Jakarta dengan 14 emas, 14 perak, dan 13 perunggu. Serta posisi tiga Jawa Tengah dengan 11 emas, 10 perak, 16 perunggu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya