Penutupan PON 2024 Berjalan Sukses dan Meriah, Tercatat 28 Ribu Orang Padati Stadion Utama

Upacara penutupan PON XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut di Stadion Utama, Kabupaten Deliserdang.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Tercatat sekitar 28 ribu lebih masyarakat menyaksikan langsung, acara upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, Stadion Utama Sumut di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Jumat 20 September 2024, lalu.

Atlet Polri Sumbang 99 Medali di PON Aceh-Sumut, Irjen Dedi Ungkap Pesan Kapolri

Berdasarkan data diperoleh, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut Stadion Utama dipadati sekitar 17 ribu orang. Sedangkan, di luar dan Stadion Madya yang berkapasitas 11 ribu penonton. Maka jika ditotal secara keseluruhan terdapat kurang lebih 28 ribu penonton yang menyaksikan penutupan PON XXI Aceh-Sumut.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni mengaku bangga closing ceremony PON 2024, berlangsung di Sumut berjalan dengan sukses, aman, dan lancar serta meriah.

Dinov Debut di PON 2024, Medali Emas Equestrian Berhasil Diraih

"Luar biasa antusias masyarakat kita, Saya terkesan melihat masyarakat kita yang mengikuti acara dengan tertib, Saya sangat menikmati acara penutupan ini," ucap Fatoni, dalam keterangannya, Selasa 24 September 2024.

Upacara penutupan PON XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, di Stadion Utama Sumut, di Kabupaten Deliserdang.(dok Pemprov Sumut)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Kontingen Jakarta Runner Up PON Aceh-Sumut, Wakil Ketua DPRD DKi Apresiasi Perjuangan Atlet

Bahkan, Fatoni mengaku sangat kagum dengan aksi-aksi penonton di Stadion Utama Sumut. Saat menunggu acara dimulai, 17 ribu penonton di dalam stadion kompak membuat gelombang manusia dan menyalakan flash telepon genggam. 

"Belum mulai acaranya sudah meriah, penonton buat gelombang manusia, nyalakan flash bareng-bareng, bahkan nyanyi bareng, luar biasa. Saya bangga pada masyarakat Sumut," sebut Fatoni.

Pada acara penutupan PON XXI Aceh-Sumut ini turut hadir sejumlah pejabat, di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Mendagri Tito Karnavian, Menpora Dito Ariotedjo dan Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto. 

Hadir juga Forkopimda Sumut, Sekda Pemprov Sumut Arief S Trinugroho serta kontingen-kontingen PON XXI dari masing-masing provinsi. 

Sementara itu, salah satu penonton, Adel yang datang dari Johor, Medan mengaku puas dengan acara penutupan PON XXI Aceh-Sumut. Dia bahkan tidak menyangka mendapatkan atmosfer luar biasa di stadion dan penampilan para seniman dan artis di acara ini. 

"Acaranya pecah, Aku beberapa kali merinding di dalam stadion, gini rupanya rasanya atmosfer di stadion yang megah, kami bangga punya stadion dan terima kasih sama panitia yang buat acara luar biasa ini," kata Adel. 

Acara semakin meriah ketika bintang tamu Nidji mulai menyanyikan lagu-lagu populernya. Penonton yang duduk di tribun pun turun ke lapangan untuk bernyayi bersama Nidji. 

Bukan hanya di dalam stadion, masyarakat yang tidak kebagian tiket juga memadati area Sport Centre Sumut untuk menonton lewat layar lebar. Kadispora Sumut Baharuddin Siagian Bersyukur cara penutupan berlangsung aman dan terkendali. 

"Terima kasih masyarakat Sumut, kita tertib mengikuti acara penutupan, tertib di dalam stadion kebanggaan kita, kalian semua luar biasa," kata Baharuddin Siagian yang juga merupakan Ketua Harian PB PON XXI Wilayah Sumut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya