Pendaftaran Volunteer Peparnas XVII Solo Dibanjiri Ribuan Peminat, Ada Apa?

Sekretaris Pelaksana PB Peparnas XVII, Rima Ferdiantoi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Sebanyak 6.700 orang mendaftar sebagai volunteer atau relawan yang akan bertugas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, PB Peparnas akan menseleksi karena jumlah yan dibutuhkan hanya 1.920 volunteer untuk Peparnas yang akan digelar mulai 6-13 Oktober 2024, mendatang.

Jadi Pembina Garnisun 08, Heikal Siap Bantu Menangkan RK-Suswono di Pilgub Jakarta

“Dari 6.700 pendaftar, kita seleksi yang tadi hari pertama 825 volunteer terus yang besok tanggal 25 (September 2024) itu lolos lagi 1.000. Jadi total yang dibutuhkan itu 1.910 volunteer kalau nggak salah,” kata Sekretaris Pelaksana PB Peparnas XVII 2024, Rima Ferdianto di Solo, Minggu, 22 September 2024.

Menurut dia, dari hasil seleksi itu nantinya tidak hanya untuk volunteer tetapi juga untuk liaison officer (LO) yang bertugas langsung menghubungkan dan membantu para atlet serta official dalam berkoordinasi, komunikasi dan memberikan informasi bagi kontingen, panpel dan seluruh tamu Peparnas di Solo.

Siap Menangkan Jeje-Ronal di Pilgub, Relawan Baraya Galuh Soroti 3 Persoalan Jabar

“Kalau ini tadi yang dibekali itu general training jadi bagaimana mereka pengetahuan dasar disabilitas, kemudian pengetahun dasar cara berkomunikasi, intonasi. Istilahnya bagaimana sama mereka mentreatment menjadi relawan yang baik. Nanti juga akan ada spesifik training jadi mereka ditempatkan di bagian pertandingan, bagian kedatangan, kepulangan, opening ceremony dan lainnya,” ujar dia.

Rima mengaku peran volunteer dalam sebuah even seperti pesta olahraga nasional bagi atlet disabilitas memang sangat penting karena keberadaan relawan itu akan menjadi citra bagi even tersebut. Kemudian dia pun menyebut jika keberadaan volunteer pada Asian Para Games 2018 menjadi kesan tersendiri bagi para kontingen dari negara-negara di Asia.

Pilkada Lahat 2024, Begini Cara Relawan Milenial Sosialisasikan Duet Bursah-Widia

“Peran volunteer penting sekali, itu kan jadi kayak wajah sebuah eventnya itu. Jadi hospitality, keramahtamahan, kemudian bagaimana kemampuan mereka menolong dan membantu kontingen itu yang akan memberikan kesan mendalam, Jadi 2018 saat Asian Para Games di Jakarta itu yang diingat pertama kali oleh peserta itu bukan pertandingannya bagus tapi apa? Volunteernya Indonesia itu ramah banget,” ucapnya.

Tidak hanya dari Solo, Rima menyebutkan para pendaftar volunteer untuk Peparnas XVII banyak yang berasal dari luar kota hingga luar pulau. Ia pun tidak mengetahui dengan pasti para pendaftar dari berbagai daerah yang berbondong-bondong ikut mendaftar utuk menjadi volunteer Peparnas XVII yang diselenggarakan di Solo dan sekitarnya itu.

“Ya mungkin mereka (mencari) pengalaman dan usia masih muda.  Ada juga mereka yang sampai dari luar Jawa biaya sendiri. Volunteer aja kan relawan kan nggak dapat akomodasi, nggak dapat transportasi. Mereka dari luar Jawa dan jakarta biaya sendiri untuk ke sini hanya untuk dapat experience,” kata dia.

Kopdar relawan Airin-Ade dan Benyamin Davnie-Pilar Saga

141 Komunitas Relawan Gelorakan Kemenangan Airin-Ade dan Benyamin-Pilar

Kopdar relawan Airin-Ade dan Benyamin Davnie-Pilar Saga melakukan kopdar.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2024