Geger, Roti dan Santan Jadi Makanan Atlet PON 2024

Viral roti santan jadi makanan atlet PON 2024
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Polemik terus bermunculan pada penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut. Salah satu yang menjadi sorotan adalah menu makanan bagi para atlet.

Taklukkan Bali 3-1, Tim Esports Sumut Sabet Medali Emas Nomor Mobile Legends

Terbaru, atlet judo memperlihatkan bahwa dia mendapatkan makanan roti beserta santan kemasan.

Hal itu menjadi viral di media sosial. Dalam akun Instagram @fakta.indo, memperlihatkan video kotak snack berisi roti dan santan kemasan. 

Tim Arung Jeram Putri Sumut Sukses Persembahkan Dua Medali Emas di PON 2024

Paket makanan yang diberikan tersebut dinilai tidak sesuai ekspektasi karena semestinya roti diberi pendamping minuman, bukan santan.

Ini bukanlah kali pertama makanan atlet PON 2024 jadi sorotan. Sebelumnya, nasi kotak atlet PON jadi sorotan publik. 

Jatim Raih Emas Cabor Sepakbola PON 2024 Usai Kalahkan Jabar

Dalam video viral di  akun TikTok atlet kurash asal Lampung, Hadi Prayitno, @hadi_hfc, Senin, 9 September 2024. terlihat nasi kotak berisi nasi beserta sejumlah lauk, seperti tumis buncis, dua buah tempe potongan kecil, satu potong ikan, dan sepotong ayam goreng serundeng.

Selain itu, dia juga mendapat kerupuk, satu pisang goreng, dan beberapa makanan ringan. "Ya begitulah," katanya menutup video tersebut.

Warganet yang melihat pun tak habis pikir dengan makanan yang dikonsumsi para atlet PON ini.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan soal polemik makanan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Ia mengatakan makanan untuk para atlet disediakan oleh hotel tempat mereka menginap.
 
"Kalau atlet, itu fullboard di hotel masing-masing. Kalau pagi prasmanan, kalau siang dikirim ke venue oleh pihak hotel. Dan kalau malam prasmanan di hotel lagi," ujar Dito.

Lebih lanjut, Dito akan mendalami informasi yang menyebut makanan untuk atlet PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh tidak layak.

"Ini harus menjadi fokus utama. Distribusi jangan sampai telat, timing-nya sangat penting agar sampai ke lokasi tepat waktu," kata Dito.

 Di sisi lain, dari situs LKPP, anggaran untuk konsumsi atlet, pelatih, dan ofisial untuk PON Aceh-Sumut 2024 mencapai Rp42,5 miliar, dengan tender dilakukan melalui E-Purchasing. Konsumsi makan besar untuk atlet dihargai Rp50 ribu, sedangkan snack mencapai Rp18 ribu per porsi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya