Anggaran Peparnas Belum Jelas, NPC Indonesia Lapor Presiden Jokowi

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun dan Ketua Pelaksana PB Perpanas XVII DB Susanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Berbagai persiapan telah dilakukan untuk melaksanakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024. Bahkan tiga pekan menjelang pembukaan pesta olahraga nasional bagi atlet-atlet penyandang disabilitas itu telah mencapai 80 persen. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia juga sudah menyampaikan laporan kebutuhan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Alasan Jokowi Belum Teken Keppres Pemindahan IKN: Tunggu Semuanya Siap

Seperti diketahui persiapan penyelenggaraan Peparnas XVII di Solo cukup mepet karena sebelumnya ajang pertandingan olahraga bagi atlet disabilitas itu akan digelar di Medan, Sumatera Utara usai penyelenggaraan PON XXI. Peparnas yang terpusat di Solo dan kabupaten sekitarnya itu akan mempertandingkan 20 cabang olahraga dan membuka lebih dari 700 nomor pertandingan.

Ketua Pelaksana Peparnas XVII, D.B. Susanto, memastikan segala persiapan masih berjalan sesuai perencanaan.  Seperti kegiatan pendukung untuk pelaksanaan Peparnas mulai dari arena hingga pertandingan. "PB Peparnas XVII sudah melaksanakan kegiatan persiapan dan sudah hampir 80 persen," kata D.B. Susanto di Kantor NPC Indonesia, Solo, Jumat, 13 September 2024.

Kata Jokowi Soal Kaesang Datangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

Lantas, satu hal yang masih dinantikan PB Peparnas XVII yakni terkait besaran dana anggaran dari pemerintah pusat untuk penyelenggaraan pesta olahraga bagi atlet disabilitas itu. Meskipun anggaran belum cair tetapi tidak menyurutkan semangat PB Peparnas untuk mematangkan kesiapan menyelenggarakan pesta olahraga itu.

“Kami belum mengetahui berapa persentase dana yang disetujui dari total kebutuhan yang diajukan. Kalau dibutuhkan untuk merasionalisasi anggaran kami sia, tetapi jangan sampai pengurangannya tidak proporsional,” ujar DB Susanto yang juga Kepala Kejari Solo.

Banyak Masalah di Gelaran PON 2024, Polisi Minta Masyarakat Ikut Lapor Dugaan Penyelewengan Anggaran

Sekretaris PB Peparnas XVII, Rima Fedianto mengungkapkan dengan sisa waktu yang hanya 21 hari, PB Peparnas XVII memastikan kesiapan seluruh venue yang akan digunakan telah mendekati 100 persen. PB Peparnas  juga baru saja melakukan koordinasi berkaitan dengan agenda opening dan closing ceremony di Stadion Manahan Solo..

"Venue sudah 90 persen lebih, hanya perlu pengecatan di Velodrome saja, yang lain sudah siap. Kami juga sudah sesuaikan agar seluruh venue bisa ramah disabilitas," kata Rima.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, sudah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo berkaitan dengan pelaksanaan Peparnas XVII Tahun 2024 dan akan memberikan perhatian agar event ini bisa berjalan sesuai yang direncanakan.

"Peparnas ini memang yang kita tunggu-tunggu, karena dari sinilah kita akan mencari atlet yang bisa kita asah kedepannya, untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," ucap Senny Marbun.

20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Peparnas XVII Tahun 2024 adalah Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk,Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya