Atlet Asal Sumsel Boyong Medali Emas di Cabor Atletik 110 Meter Gawang di PON 2024

Rio Maholtra, Atlet asal Sumsel boyong medali emas di cabor atletik 110 meter gawang di PON 2024.(dok PON 2024 wilayah Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA  – Rio Maholtra, atlet asal Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil memboyong medali emas cabang olahraga atletik di nomor 110 meter gawang putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut.

Banyak Masalah di Gelaran PON 2024, Polisi Minta Masyarakat Ikut Lapor Dugaan Penyelewengan Anggaran

Bertanding di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, Kamis kemarin, 12 September 2024. Rio sukses menyumbangkan medali emas untuk Provinsi Sumsel. 

Rio Maholtra yang mengambil titik start di lintasan 1 berhasil mengungguli rivalnya dari provinsi lain. Dia finish terdepan dengan catatan waktu 14.24 detik. 

Joe Aditya Pecahkan Rekor 1 Dekade Lebih di Renang PON 2024

Rio Maholtra yang mengenakan nomor dada 294, sejak start langsung memacu larinya. Dia dibayangi-bayangi Baim Bagus Sirait dari Sumatera Utara dan Ghanes Bagus dari Jawa Timur.

Tampil konstan sejak start, Rio Maholtra akhirnya tampil terdepan dengan catatan waktu 14.24 detik sekaligus berhak membawa pulang medali emas. Sementara medali perak diraih Baim Bagus Sirait dari Sumatera Utara dengan catatan waktu 14.80 detik, dan perunggu diraih Ghanes Bagus dengan catatan 14.82 detik.

Kesaksian Atlet Saat Atap Venue PON 2024 Ambruk di Aceh

Namun sayang catatan waktu 14.24 detik yang diraih Rio Maholtra tersebut belum mampu melampaui rekor PON 2021 Papua, rekor atas namanya sendiri yang saat itu mencatat waktu 14.11 detik.

Atas capaian terbaiknya ini, Rio Maholtra mengucapkan rasa syukur dengan meraih tiga medali emas. Dimana, PON XIX Jawa Barat dan PON XX Papua ia juga meraih emas di nomor yang sama. Hanya pada PON XVIII Riau ia meraih perak.

"Saya sangat bersyukur, bisa kembali bisa mempersembahkan medali emas untuk Sumsel," kata Rio, dalam keterangannya, Jumat 13 September 2024.

Rio mengaku persiapan untuk menghadapi PON kali ini sama seperti PON PON sebelumnya. Latihan yang dijalani juga dengan keras apalagi ia menyadari atlet lain dari daerah lain tentunya juga punya tekad yang sama untuk meraih medali.

"Semoga apa yang saya raih di PON ini dapat terus dipertahankan.Masih bisa sekali lagi di PON mendatang untuk membuktikan prestasi saya. Mohon doa dari semuanya semoga bisa tercapai," ucap Rio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya