Harris Horatius, Atlet Wushu Sumut Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Harris Horatius, Atlet Wushu Sumut sukses raih medali emas di PON 2024.(dok PON 2024 wilayah Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Sumatera Utara (Sumut) berhasil memboyong medali emas melalui Harris Horatius, atlet Wushu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Pertandingan tersebut, berlangsung di Gedung Serbaguna Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kabupaten Deli Serdang, Kamis 12 Agustus 2024.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Dalam pertandingan cabang olahraga (Cabor) Wushu tersebut, Harris berhasil mengumpulkan skor tertinggi dengan nilai 9.643. Atlet andalan Jawa Timur (Jatim), Nicholaus Karanka Adinurgroho harus puas dengan medali perak usai mengumpulkan nilai 9.616, dan atlet andalan Jatim lainnya, Akbar Dwi Affandi memperoleh medali perunggu dengan nilai 9.610. 

Atas raihan membanggakan itu, Harris Horatius mengucapkan rasa syukur dan bangga bisa menyumbang medali emas untuk Provinsi Sumut dalam ajang olahraga terbesar di Indonesia ini.

Polisi Sudah Turun Tangan, Ini 5 Masalah di PON 2024 yang Diduga Ada Penyelewengan Anggaran

"Apalagi PON tahun ini Sumut menjadi tuan rumah. Jadi mental dan segala persiapam telah dilakukan dengan target medali emas," ucap Haris, dalam keterangannya, Jumat 13 September 2024.

Harris yang saat menampilkan gerakan terbaiknya menggunakan seragam merah aksen berwarna emas ini, mengatakan, tidak merasa minder melihat lawan-lawannya yang juga merupakan atlet wushu terbaik di nomor taolu nanquan. 

Banyak Masalah di Gelaran PON 2024, Polisi Minta Masyarakat Ikut Lapor Dugaan Penyelewengan Anggaran

"Saya percaya diri saja, karena dari hasil Asean Games kemarin memuaskan, dan pada PON ini juga akan memberikan hasil yang diharapkan yakni medali emas," jelas Harris.

Harris yang juga merupakan juara bertahan mendapatkan medali emas pada PON XX/2021 di Papua dan Asian Games Hangzhou tahun 2023, dan juga Juara Dunia 2023 berharap akan tumbuh bibit-bibit baru atlet wushu yang meraih peringkat lebih tinggi lagi di setiap event pertandingan olahraga baik tingkat nasional dan internasional. 

"Secara personal saya sangat senang hadir atlet-atlet wushu yang terus tumbuh dan memiliki kualitas sangat baik. Semoga Cabor Wushu Indonesia semakin jaya," harap Harris yang berusia 29 tahun ini. 

Sementara wushu nomor Taolu Nanquan Putri dimenangkan atlet perwakilan Jawa Barat (Jabar) Tasya Ayu Puspa Dewi dengan nilai 9.610. Disusul atlet perwakilan DKI Alinskha Hanamaira dengan nilai 9.596 dan Agni Agustine Dimonim perwakilan DKI dengan perolehan nilai 9.563. 

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut akan digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 29 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya