PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, melibatkan 500 pelaku UMKM yang terdiri dari 300 peserta berada di Lapangan Astaka sementara itu 200 peserta lainnya tersebar di seluruh venue PON 2024.

Inspiratif, Ini Peran Praja IPDN dalam Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan di Jawa Tengah

Hal itu, diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni saat membuka festival UMKM Pekan PON 2024, wilayah Sumut, berlangsung di Lapangan Astaka, Kabupaten Deli Serdang, Rabu malam, 11 September 2024. Ia berharap para tamu dapat mengenal produk khas Sumut, mulai dari kerajinan hingga kuliner.

“Pada seluruh atlet dan rombongan, kalau nanti pulang jangan bawa uang kembali pulang, tapi belanjakan produk UMKM di Sumut, produk Sumut yang kita keluarkan merupakan yang terbaik,” ucap Fatoni.

BPKP Mulai Usut Dugaan Markup Harga Konsumsi Atlet PON di Aceh

Melalui kesempatan ini, Fatoni juga mengenalkan Galeri Kreasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut di Bandara Kualanamu dan Kantor Dekranasda Sumut Jalan Iskandar Muda yang baru diluncurkannya beberapa waktu lalu. Dirinya juga mengajak para tamu, atlet, pelatih, wasit, ofisial untuk berbelanja di sana.

Di galeri tersebut dipamerkan bermacam kerajinan Sumut, mulai dari produk wastra, anyaman, tembikar, kopi hingga makanan kecil yang berasal dari pengrajin atau UMKM Sumut. Hal ini merupakan upaya nyata Pemprov Sumut untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Jurus Mercy Corps Indonesia dan Nikel Perluas Akses Kredit Bagi Pelaku UMKM Perempuan

“Maka kita galakkan dan cintai produk dalam negeri dan kita buat UMKM naik kelas sehingga UMKM yang ada di Sumut jadi tuan rumah di Sumut, dan jadi kebanggaan Indonesia,” ucap Fatoni.

Fatoni juga bersyukur, Sumut menjadi tuan rumah PON XXI. Terdapat sekitar 18.000 tamu yang terdiri dari atlet, ofisial, wasit, juri dan lainnya yang datang ke Sumut selama PON. Hal tersebut menurutnya merupakan kesempatan yang baik. 

“Banyak sektor yang terdampak positif, UMKM, perhotelan, wisata, kuliner semuanya terdampak, kita bersyukur ini semua terdongkrak naik, perekonomian pun ikut naik,” ungkap Fatoni.

Venue Cabor Berkuda dan Voli dalam PON 2024 Belum Siap dan Becek

Venue Cabor Berkuda dan Voli PON 2024 Belum Siap dan Becek, Menpora Bilang Begini

Meskipun venue belum siap, akan tetapi laga pertandingan dari cabang olahraga (cabor) acuan kuda dan voli dalam tetap dilaksanakan, Menpora Dito Ariotedjo angkat bicara

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024