Pj Gubernur Sumut Respon Viral Jalan Menuju Venue Voli PON 2024 Berlumpur dan Berair

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni di Media Center Utara PB PON XXI Wilayah Sumut, di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan.(B.S.PUTRA/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, merespon video viral memperlihatkan akses menuju venue cabang olahraga (Cabor) voli di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, memprihatinkan dengan kondisi jalan masih bertanah, berlumpur hingga berair. 

Dua Perenang Jatim Raih Medali Emas dan Perak di PON 2024, Pj Gubernur: Saya Turut Merasa Bangga

Fatoni menjelaskan bahwa para atlet voli yang akan melakukan latihan lewat dari sisi belakang Sumut Sport Center. Karena, akses dari ditutup sementara karena pada hari Selasa 10 September 2024, dijadwalkan Presiden RI, Joko Widodo ke lokasi Sport Center di Desa Sena, Batangkuis, Deliserdang, namun batal.

"Standar protokol untuk menyambut kedatangan pak presiden, akses jalan utama itu memang ditutup sehingga semuanya mesti lewat dari belakang," kata Fatoni di Media Center Utara PB PON XXI Wilayah Sumut, di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan, Rabu, 11 September 2024. 

Viral! Kontroversi Tinju PON 2024, Wasit Diduga Bantu Petinju Tuan Rumah

Kondisi jalan menuju venue cabor voli indoor PON 2024, di Sport Center Sumut, di Kabupaten Deliserdang.(B.S.PUTRA/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Fatoni mengatakan bahwa proses pengerjaan venue Bola Voli Indoor, masih terus berlangsung. Meski dibagian dalam sudah bisa digunakan dalam pertandingan voli PON 2024.

Calista Setiawan, Pewushu Jateng Sukses Sabet Medali Emas di PON 2024

"Jalannya itu memang belum selesai karena anggarannya baru turun bulan Juli 2024, dan kontrak pengerjaannya masih lama sampai Desember nanti," ucap Fatoni.

Fatoni mengakui, pembangunan pendukung di kawasan sekitar venue utama pada prinsipnya sudah on the track. Tak hanya itu, sesuai kontrak pengerjaan, akses jalan-jalan desa di sekitaran kawasan tersebut juga akan dibangun oleh pihak kontraktor proyek. 

"Sebenarnya pengerjaannya ini luar biasa sangat cepat sehingga sampai sekarang sudah mendapat segitu sudah sangat lumayan sekali, apalagi kan bukan tempat utama untuk pertandingan tetapi tetap akan disiapkan," jelas Fatoni.

Berkat insiden yang sudah viral itu, pihaknya gerak cepat untuk menangani hal tersebut. Jangan sampai membuat para atlet dan kontingen menjadi tidak nyaman akan kondisi itu. Terlebih jadwal pertandingan cabor bola voli sempat tertunda dampak hal tersebut.

"Kita berterimakasih dengan adanya berita itu tentu kita juga cepat bergerak, cepat kita atasi kemudian kita percepat lagi tenaganya, kita tambah lagi (intensitas pengerjaannya)," kata Fatoni.

Mengenai stadion utama sebagai lokasi upacara penutupan PON pada 20 September mendatang, terus dikebut penyelesaiannya. Presiden Jokowi akan hadir pada acara itu sekaligus meresmikan stadion megah dan jadi kebanggaan warga Sumut.

"Ini tentu menjadi hadiah bagi kita dari bapak presiden bahwa telah dibangunkan stadion megah bertaraf internasional di Sumut. Pengerjaannya akan selesai sebelum upacara penutupan, sesuai kontraknya itu tanggal 13 September," katanya. 

PB PON XXI Wilayah Sumut, Fatoni mengatakan selalu terbuka dengan segala kritik dan saran dari masyarakat. Termasuk menerima konfirmasi dari para awak media mengenai kekurangan yang ada selama perhelatan even akbar olahraga nasional tersebut. 

"Mari kita sebarluaskan hal-hal yang positif dan hal yang tidak baik kiranya dikonfirmasi, ditanyakan kepada kami sehingga informasi yang teman-teman media hadirkan bisa berimbang disampaikan ke masyarakat," kata Fatoni.

Lewat kemitraan harmoni dengan awak media dan semua pihak terkait lainnya, ia berharap PON XXI punya gaung yang besar dan positif secara khusus untuk Sumut dan Indonesia umumnya. 

"PON ini bukan hanya untuk Sumut tetapi citra bagi bangsa kita di mata internasional, maka dari itu perlu kebersamaan untuk menorehkan sejarah terbaik. Kita berpedoman sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses prestasi," ucap Fatoni. 

Dalam video viral, terlihat akses menuju venue voli indoor Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut masih dalam pengerjaan. Sehingga para atlet ingin melakukan sesi latihan, harus ekstra berhati-hati menuju jalan tersebut. 

Dalam satu video berjudul life core PON 2024, netizen menunjukkan kondisi jalanan yang penuh lumpur. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang harus meminta bantuan back hoe, untuk menuju venue.

Atlet voli Indonesia bahkan ikut menyebut kondisi buruknya di lapangan PON lewat unggahan di aku instagramnya. Yolla mengunggah bagaimana kondisi akses menuju venue yang berlumpur.

“PON Pekan Olahraga Naon Sih,” tulis Yolla Yulliana mengomentari video, dalam akun instagramnya dikutip VIVA.

Dari pantauan VIVA di lokasi, kondisi tersebut dikarenakan akses jalan menuju venue voli, masih dalam pengerjaan, termasuk terlihat alat berat masih bekerja dalam merapikan kondisi akses jalan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya