Pembukaan PON 2024 di Sumut Dipadati Ribuan Masyarakat dan Dihibur J-Rocks

Aksi panggung J-Rocks saat pembukaan PON 2024 wilayah Sumut.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Opening Ceremony atau pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, Aceh-Sumut Wilayah Sumut, dihadiri ribuan masyarakat dan memadati Stadion Baharudin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Senin malam, 9 September 2024.

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Kepala Bidang Humas Publikasi dan IT Panitia Besar (PB) PON XXI Wilayah Sumut, Ilyas Sitorus, menjelaskan pembukaan di Lubuk Pakam ini merupakan mirroring dari pembukaan PON 2024 di Aceh.

Meski pembukaan utama dilakukan di Aceh, pembukaan di Sumut ini tidak kalah meriah. Tampak ribuan masyarakat hadir memenuhi stadion. 

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

“Tidak kalah meriah dengan pembukaan di Aceh, di situ kita lihat ada ribuan masyarakat padati tribun yang telah disediakan, pembukaan ini juga kita rangkaian dengan banyak kegiatan dan hiburan bagi masyarakat, apalagi ini momen bersejarah bagi masyarakat kita,” ucap Ilyas.

Ilyas mengatakan PB PON mengharapkan dengan upacara pembukaan yang semarak ini di Sumut, dapat memberikan semangat pada seluruh masyarakat dalam menyukseskan PON. Kesuksesan PON mesti dilakukan secara bersinergi, termasuk dengan seluruh masyarakat.

Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI, Polri Langsung ke Aceh-Sumut Siang Ini

“Seperti yang sering disampaikan Pak Pj Gubernur, jadi tuan rumah PON ini merupakan kesempatan langka, kita bisa mendapat kesempatan jadi tuan rumah PON kembali 80 tahun lagi, jadi inilah kesempatan kita menyaksikan dan menyukseskan PON ini bersama,” jelas Ilyas.

Upacara pembukaan dimulai dengan pawai defile seluruh kontingen provinsi yang bertanding di Sumut. Pawai tersebut dilakukan serentak atau bersamaan dengan pawai defile di Stadion Harapan Bangsa, Aceh. Stadion Baharudin Siregar pun bergemuruh sambutan penonton yang antusias melihat defile kontingen Sumut yang berada di Aceh dan Sumut.

Selanjutnya, peserta dan hadirin upacara pembukaan PON di Sumut menyaksikan prosesi pembukaan di Aceh oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang ditayangkan secara virtual. Dalam sambutannya, Presiden menyebut PON merupakan ajang melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa. 

“Tapi juga yang tidak kalah penting PON ajang kita semakin mempererat persaudaraan kita, memperkokoh tali persaudaraan kita. Saya titip pegang teguh sportivitas dan fair play,” jelas Jokowi yang selanjutnya membuka secara resmi PON XXI Aceh-Sumut.

Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran bendera pon secara serentak di Sumut maupun Aceh. Dilanjutkan dengan estafet pembawaan api obor PON. Estafet dimulai oleh Kepala Seksi Olahraga Kodam I Bukit Barisan Wagiman dilanjutkan dengan atlet atletik legendaris Sumut Parluatan Siregar. 

Parluatan meneruskan api obor pada Iwan Karo-karo yang merupakan mantan atlet sepakbola legendaris Sumut. Mantan pemain PSMS Medan ini pun meneruskan api obor pada atlet renang legendaris Sumut Habib Nasution. 

Kemudian Habib, yang menggunakan kursi roda pun mengoper api obor pada pembawa terkahir yaitu Samsul Anwar, petinju legendaris Sumut. 

Di saat itu, suasana stadion pun senyap lantaran perhatian diberikan pada Samsul yang sudah berdiri di depan kaldron. Lantas Ia pun menyulut kaldron. Sejurus kemudian muncul api besar di atas kaldron. Pemandangan itu pun disambut meriah para penonton.

Salah seorang penonton yang duduk di tribun Sutrisno, mengaku bangga diadakannya PON di Sumut. Ia senang melihat momen langka yang mungkin tidak akan pernah disaksikannya lagi yaitu api raksasa dari kaldron PON 2024.

“Bangga ya, ini momen langka, bersyukur kita diadakan PON di Sumut, semoga hingga akhir nanti tidak ada kendala dan berjalan sukses lancar,” kata Sutrisno.

Tidak sampai pada penyalaan api kaldron. Acara berlanjut dengan pembagian hadiah door prize yang banyak macamnya. Mulai dari 15 sepeda listrik, 5 kulkas, 5 sepeda motor, dan satu buah mobil. Momen pembagian door prize itu pun menarik perhatian besar penonton yang hadir.

Semarak pembukaan PON tidak berakhir di situ. Pembukaan bersejarah tersebut ditutup dengan penampilan band J-Rocks. Penonton yang antusias pun langsung menyeruak ke lapangan stadion untuk menyaksikan band tersebut.

Andri Putranto salah seorang masyarakat yang hadir mengaku puas dengan pembukaan tersebut. Sebab, Ia bisa melihat momen bersejarah bagi Sumut.

“Senang, puaslah, nonton band juga, lihat kembang api yang banyak, lihat obor raksasa, senanglah,” kata Andri.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pj Bupati Deliserdang Wirya Alrahman, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Wakapolda Sumut Rony Samtana, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Effendi Pohan, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, dan OPD Pemprov Sumut lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya