Top 10 Pembalap Sepeda PON 2024 Lanjut Seleknas Persiapan SEA Games 2025

Seeding Run MTB Individual Downhill (DHI) Putri PON 2024, Aceh-Sumut.(dok PON 2024 Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Karo, VIVA – Pertandingan cabang olahraga (cabor) balap sepeda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, jadi ajang seleksi dilakukan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional. 

Kerahkan Wasit Liga 1 dan 2 untuk PON 2024, PSSI Unjuk Gigi Kemajuan Sepakbola Indonesia

Hal itu, diungkapkan oleh Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB ISSI, Dadang Haries Purnomo, kepada wartawan, di venue cabor balapan sepeda, PON XXI 2024 Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo, Minggu 8 September 2024.

Dadang menjelaskan dalam pertandingan di PON ini, sebanyak 10 orang pebalap sepeda yang berhasil menempati posisi teratas di Final Run nomor DHI.

Tim Drum Band Sumut Sukses Persembahkan 4 Emas dan 1 Perak di PON 2024

Hal tersebut, akan mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) untuk persiapan mengikuti SEA Games 2025 di Thailand sebelum pelaksanaan Olimpiade Atlanta 2028 di Amerika Serikat.

"Kemarin pada Technical Meeting, sudah disampaikan langsung melalui zoom oleh Kepala Binpres PB ISSI, Bapak Budi Saputro bahwa dari hasil PON  2024 ini akan diambil 10 pembalap, yang akan mengikuti seleksi nasional di SEA Games 2025 di Thailand," ucap Dadang.

PON 2024 Renang: Emas Bersejarah Sulteng dan Bali, Joe Aditya Sabet 2 Emas

Ia menyebut, para atlet ini nantinya akan ikut berlaga di SEA Games 2025 Thailand jika berhasil lolos pada Seleknas yang dilaksanakan. Menurutnya, keberhasilan di SEA Games Thailand, juga akan menjadi syarat bagi para atlet untuk dapat ikut di Olimpiade Atlanta 2028 di Amerika Serikat.

"Jadi di SEA Games Thailand nanti, informasinya akan banyak sekali nomor disiplin balap sepeda ini yang akan diperlombakan mulai dari road race, nomor trek, BMX, MTB," ungkap Bambang. 

"Di nomor MTB sendiri ada nomor Cross Country dan Downhill. Saya berharap, semua atlet dari provinsi di seluruh Indonesia, bisa menunjukkan potensi dan kemampuan di dalam PON kali ini," tutur Bambang kembali. 

Aflah Fadlan, perenang Jabar boyong medali emas perdana di PON 2024.(dok PON 2024 wilayah Sumut)

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Fadlan Prawira, perenang asal Jawa Barat (Jabar) sukses raih medali emas perdana di cabang olahraga (Cabor) renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024