Atlet Barongsai DIY Boyong Medali Emas di Nomor Naga Taolu Bebas di PON 2024

Atlet Barongsai DIY raih medali emas di nomor Naga Taolu Bebas di PON 2024, Aceh-Sumut.(dok PON 2024 wilayah Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Tim atlet Barongsai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih medali emas di nomor naga taolu bebas, dengan mencapai tertinggi nilai 9,30 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. 

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Berlangsung di Martial Art Arena, Kawasan Sport Center Sumut, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu 7 September 2024. DIY berhasil mengalahkan Sumatera Barat dengan nilai 9,27 dan Jawa Tengah 9,08.

Atas prestasi tersebut, Pelatih tim DIY, Anggara Adi mengatakan, timnya baru pertama kali ikut dalam PON dan perdana mendapatkan medali emas sejak cabang olahraga barongsai digelar. 

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

"Baru pertama ikut PON dan baru pertama dapat medali emas," ungkap Anggara, kepada wartawan, usai pertandingan.

Menurutnya, medali emas ini diperoleh karena komitmen tim dapatnya medali emas ini dan fokus setiap gerakan. "Kuncinya komitmen dan fokus," sambungnya.

Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI, Polri Langsung ke Aceh-Sumut Siang Ini

Hanya butuh waktu 8 bulan untuk melatih tim ini. Hasilnya, tim dari Provinsi DIY berhasil meraih medali emas dengan tanpa kesalahan. "Jadi selama 8 bulan itu tidak tiap hari latihannya, seminggu sekitar 4 sampai 5 hari latihan saja," jelas Adi.

Dengan kekompakan tim yang dibentuknya, Provinsi DIY meraih emas dalam cabor barongsai nomor naga taolu bebas. "Kita memang fokus di naga taolu bebas aja, yang lain tidak," bebernya.

Sementara itu, salah seorang atlet dari Provinsi DIY Andre Wijaya mengaku sangat senang dengan dapatnya medali emas di kalungnya itu. "Bahagia, senang, semuanya campur aduk," katanya.

Untuk memperoleh itu semua tidaklah mudah. "Kami latihan mulai pagi, siang, malam," sambungnya.

Namun saat akan tampil Andre sempat grogi. Meski begitu, rasa grogi tersebut berhasil ditaklukan ya. "Sempat grogi tadi pas mau tampil, tapi berhasil kami kalahkan," sebutnya.

Adit yang juga berada di dalam tim mengatakan, agar tidak grogi, seluruh tim melakukan doa bersama-sama. 

"Jadi tadi kami karena grogi, lalu berdoa bersama-sama, intinya berdoa, dan semua berhasil kami atasi," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya