Atlet Barongsai Sumut Kembali Sabet Emas di PON 2024

Tim Barongsai Sumut raih emas di PON 2024 Aceh-Sumut.(dok PON 2024 Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Atlet Barongsai Sumatera Utara (Sumut) kembali berhasil menyabet medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, Aceh-Sumut. Kali ini emas datang dari nomor pekingsai taolu bebas dengan nilai 9,27. 

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Pertandingan cabor Barongsai tersebut, berlangsung di Martial Art Arena, Sport Centre Sumut, Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, Kamis 5 September 2024. Persaingan ketat antara Sumut, Aceh dan Jawa Tengah.

Setelah Sumut, dimana posisi kedua diraih oleh tim Barongsai Aceh dengan nilai 9,10. Sedangkan, di posisi ketiga ada Jawa Tengah dengan nilai 9,03.

Kerahkan Wasit Liga 1 dan 2 untuk PON 2024, PSSI Unjuk Gigi Kemajuan Sepakbola Indonesia

Menyikapi kemenangan tersebut, Pelatih Barongsai Sumut, David mengungkapkan bahwa keberhasilan ini, berkat kerja keras dan dukungan masyarakat Sumut.

"Ini berkat dukungan dari masyarakat dan Pemprovsu yang telah mendukung penuh latihan-latihan kita," ucap David, dalam keterangannya, Jumat 6 September 2024.

Tim Drum Band Sumut Sukses Persembahkan 4 Emas dan 1 Perak di PON 2024

David menjelaskan dalam sesi latihan, anak asuhnya digenjot secara fisik, dengan fasilitas dan latihan yang intensif. Begitu juga, makan yang bergizi dan juga vitamin terus diberikan kepada para atlet barongsai agar penampilan mereka maksimal. 

Tim Barongsai Sumut, saat jalani pertandingan di PON 2024.(dok PON 2024 Sumut)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

"Dan ini, merupakan medali emas kedua dari cabor Barongsai untuk Sumut. Hasilnya, memuaskan, kita dapat emas lagi," kata David.

Menurut David, anak didiknya melakukan pelatihan ekstra selama dua bulan untuk PON 2024. Pelatihan ini di luar pelatihan rutin mereka sebagai atlet Barongsai Sumut. 

“Dalam waktu 2 bulan, kita pusatkan latihan dan karantina, mereka berlatih sangat keras dan terbukti hasilnya seperti yang kita inginkan,” jelas David.

Saat ditanya siapa lawan terberat mereka di cabor ini, David mengaku tim DKI Jakarta walau pada nomor pekingsai taolu bebas mereka gagal meraih perunggu. 

“Kalau lawan terberat sepertinya masih DKI Jakarta di Barongsai," tutur David.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya