Hoki Indoor Putra Jabar Optimis Hattrick Emas di PON 2024 Usai Bantai Jateng 10-0

Tim Hoki Indoor putra Jawa Barat saat berlaga dengan Jateng di PON 2024, berlangsung GOR Unimed, di Kabupaten Deliserdang, Sumut.(dok PON 2024 Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA  – Tim Hoki Indoor putra Jawa Barat (Jabar) optimis hattrick raih emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Usai membantai Jawa Tengah (Jateng)  dengan skor 10-0. 

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Hoki Putra Jabar taklukkan Jateng dalam pertandingan berlangsung di GOR Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), di Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Selasa 3 September 2024.

Sebagai informasi Tim Hoki Indoor putra Jabar bertindak sebagai tuan rumah berhasil meraih medali emas. Kemudian, di PON XX di Papua. Lalu, ingin mengulang kesuksesan yang sama di PON 2024.

Venue untuk Penutupan PON 2024 yang Tinggal 5 Hari Lagi Belum Rampung, Menpora Bilang Begini

Menyikapi kemenangan tersebut, Pelatih tim Hoki Indoor putra Jawa Barat, Irwan Hermawan mengatakan, kemenangan perdana sangat penting demi menaikkan semangat pemainnya. Dengan rasa percaya diri tinggi, Irwan langsung menargetkan medali emas untuk yang ketiga kalinya buat Jabar.

"Target kita sebelumnya minimal 10 gol. Alhamdulillah tercapai. Untuk pertandingan selanjutnya saya yakin mereka akan bermain lebih baik lagi untuk mengejar hattrick emas PON," ucap Irwan kepada wartawan, usai pertandingan.

Drama Sepakbola PON 2024, Sulteng WO dan Aceh Melaju ke Semifinal

Hanya saja, Irwan mengakui pertandingan kali ini bukan performa terbaik. Beberapa visi yang mau diinginkannya, belum sepenuhnya dilaksanakan pemain di lapangan. Padahal, jika sesuai rencana, Jabar bisa menciptakan lebih dari sepuluh gol.

Ke depan, menatap lawan selanjutnya, Irwan tetap melakukan evaluasi. Terlebih pertandingan selanjutnya, Jabar akan menghadapi dua tim tangguh Banten dan Jawa Timur.

"Kita sudah punya strategi tersendiri menghadapi Banten dan Jawa Timur. Seperti apa, lihat saja besok di lapangan. Mudah-mudahan kesalahan-kesalahan yang terjadi hari ini tidak terulang kembali pada pertandingan mendatang," ujarnya.

Satu hal, menghadapi setiap pertandingan Jabar akan lebih mengutamakan speed dan power untuk terus menekan pertahanan lawan. Untuk mengejar hal itu, pergantian pemain selalu dilakukan setiap dua menit, agar stamina pemain tetap terjaga.

Sementara itu kapten tim putra Jabar, Revo Priliandro mengaku, hasil pertandingan ini sudah sesuai dengan ekspektasi. Artinya, memang sudah mereka perkirakan menang minimal sepuluh gol.

Revo mengaku puas, karena seluruh pemain sudah bermain maksimal, baik strategi, teknik maupun komunikasi di lapangan.

Namun, Revo memaparkan, bahwa menghadapi Jateng menyembunyikan performa terbaik mereka. Menurutnya, ada beberapa teknik yang tidak mereka lakukan saat melakukan serangan di depan gawang lawan.

Hal itu, mereka lakukan, agar strategi ini tidak terbaca oleh lawan-lawan berat seperti Banten dan Jatim pada pertandingan selanjutnya.

"Yang penting kita bisa mengejar target yang ditetapkan pelatih yaitu menang di pertandingan awal untuk menaikkan semangat pemain," ujar Revo yang juga pemain tim nasional hoki indoor putra.

Dari kubu Jateng, Asisten pelatih, Pamuji mengakui kemampuan para pemain Jabar di semua lini. Hal itu bisa dimakluminya, karena Jateng baru latihan empat bulan sebelum pelaksanaan PON 2024.

Sementara Jabar sudah melakukan latihan sejak lama. Selain itu, para pemain Jabar memiliki kemampuan yang baik dan rata-rata merupakan pemain tim nasional.

Faktor terbesar kekalahan Jateng menurutnya, adalah di sektor pertahanan yang sering terpancing dengan pergerakan para pemain Jabar. Sehingga sektor pertahanan lebih sering 'bolong' dan gampang ditembus para pemain Jabar.

"Selain itu, ini merupakan pertandingan perdana kita, sehingga para pemain harus menyesuaikan dengan arena pertandingan. Namun ke depan kita akan memperbaiki diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya