7 Ribu Undangan Disiapkan ke Warga Untuk Bisa Nonton Pembukaan PON 2024 di Aceh

Logo PON XXI Tahun Aceh-Sumut.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Banda Aceh, VIVA – Sekretaris Umum PB PON 2024 Wilayah Aceh M Nasir Syamaun mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 7 ribu undangan gratis ke masyarakat umum untuk bisa hadir saat pembukaan PON 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh yang digelar pada 9 September 2024.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Undangan ke masyarakat itu 4 ribu di antaranya bagi masyarakat seluruh Aceh dan 3 ribu bagi warga sekitar Stadion Harapan Bangsa yaitu Aceh Besar dan Banda Aceh.

“Dari total 7 ribu undangan gratis yang tersedia, sebanyak 4 ribu diperuntukkan bagi masyarakat seluruh Aceh. Untuk mendapatkan undangan ini, masyarakat bisa mendaftar di Link https://ponxxiaceh.com/ semuanya gratis,” kata Nasir kepada wartawan, Selasa, 3 September 2024.

Kerahkan Wasit Liga 1 dan 2 untuk PON 2024, PSSI Unjuk Gigi Kemajuan Sepakbola Indonesia

Sebagai tuan rumah, kata dia warga Aceh tentu berkeinginan menyaksikan langsung upacara pembukaan PON XXI, yang akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, di venue utama PON XXI yaitu Stadion Harapan Bangsa.

Namun, kapasitas stadion yang mencapai 17 ribu tempat duduk, tidak akan mampu menampung lebih banyak dari itu, karena pembukaan PON akan dihadiri oleh kontingen dan tamu undangan dari 38 Provinsi se-Indonesia plus IKN, yang terdiri dari para atlet dan offisial, para menteri, gubernur dan forkopimda seluruh Indonesia hingga Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Tim Drum Band Sumut Sukses Persembahkan 4 Emas dan 1 Perak di PON 2024

Kirab Api PON XXI 2024, Aceh-Sumut.(dok Pemprov Sumut)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

“Pemerintah Aceh bersama PB PON XXI Aceh berkeinginan masyarakat ikut serta dalam upacara pembukaan atau Opening Ceremony yang bersejarah di SHB. Namun, karena keterbatasan tempat, kita tentu tidak bisa mengakomodir seluruh masyarakat Aceh yang ingin menonton di SHB,” ujar Nasir.

Sementara itu, kata Nasir, bagi masyarakat yang tidak mendapatkan undangan ini, maka bisa ikut nonton bareng yang diadakan PB PON Aceh yang lokasinya akan diumumkan segera.

Dilihat dari formulir pendaftaran undangan, warga wajib mengisi NIK, nomor telepon dan upload KTP.

Diketahui sebelumnya, PB PON XXI wilayah Aceh sempat menyebut bahwa yang bisa menghadiri pembukaan PON hanya tamu undangan dan para atlet-official.

Aturan tersebut lantas di protes oleh warga Aceh yang ingin ikut serta melihat pembukaan acara event olahraga nasional tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya