Lampaui Target, Abiyu Raih 4 Emas dan Riau Dipastikan Juara Umum Senam di PON 2024

Abiyu Raffi, Atlet senam artistik putra Riau raih 4 medali emas di PON 2024.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA  – Abiyu Raffi, Atlet senam artistik putra Riau, menunjukkan prestasi terbaiknya, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, dengan menyabet 4 medali emas, melampaui target yang sebelumnya hanya menargetkan 3 medali emas saja.

PON 2024 Renang: Emas Bersejarah Sulteng dan Bali, Joe Aditya Sabet 2 Emas

Medali emas keempat berhasil diboyong Abiyu melalui cabang olahraga (Cabor) di nomor perorangan alat palang tunggal, berlangsung di GOR Dispora Sumut, di Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu sore, 31 Agustus 2024.

Abiyu sebelumnya, mengalungi tiga emas terlebih dahulu, melalui nomor beregu putra, perorangan alat lantai dan perorangan serba bisa (all around).

Perenang Andalan Sumut Felix Viktor Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Atlet senam asal Riau, Abiyu Raffi saat menerima medali emas di PON XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Abiyu Raffi mengucapkan rasa syukur dan bangga mampu menyumbangkan empat medali emas untuk kontigen Riau di PON 2024 wilayah Sumut ini.

Selisih 1 Poin dari DKI Jakarta, Tim Esport Sumbar Sabet Medali Emas Nomor PUBG di PON 2024

“Gak nyangka sih, tapi untuk membaca strateginya bisa. Tapi, lantai yang paling berat bagi saya. Karena di lantai saya memeprtahankan di tahta saya,” ucap Abiyu kepada wartawan.

Meski sempat mengalami cidera retak kaki usai PON 2020, namun kondisi tersebut tidak membuat dirinya putus asa. Berkat semangat dari pelatih, dirinya tetap bertekad bisa mengikuti PON tahun ini.

“Kan sudah sempat retak, jadi waktu itu gak main lagi di lantai. Kemudian mulai stabil lagi, tapi H min dua bulan saya cidera kaki lagi. Saya bilang ke pelatih, saya gak kuat lanjuti. Tapi, pelatih saya ngasih support saya, karena mempertahankan tahta itu berbeda dari memperebutkan,” jelas Abiyu.

Sementara itu, Ketua Persani Riau, Novilia mengatakan target ini, melebihi target yang awalnya hanya, 3 medali emas. Torehan ini, tentu nantinya akan ada reward atau bonus bagi atlet berprestasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“PON di Medan ini kita sebetulnya target hanya tiga, tapi Alhamdulillah meningkat menjadi 100 persen dari target semula. Ini bentuk wujud latihan anak-anak sehingga membuktikan seluruh masyarakat Riau," sebut Novilia.

Terkait capaian Abiyu Raffi yang sukses meraih 4 emas, tentu sangat membanggakan. Mengingat, pada PON 2020 di Papua, Abiyu kala itu masih membela tuan rumah. 

“Dahulu Abiyu sempat ke Papua, tapi karena menang mereka adalah asli anak kandung kami, akhirnya dapat kembali ke Riau," sebut Novilia.

Selain Abiyu, di hari terakhir Riau juga menambah satu emas dan perak. Medali emas melalui Agung Suci Tantio di nomor palang sejajar putra, dan juga melalui nomor perorangan alat palang tunggal.

Tambahan dua emas dan satu perak mengantarkan Provinsi Riau dipastikan tampil sebagai juara umum nomor senam artistik dengan 6 medali emas, 3 perak, 2 perunggu. 

Kemudian, posisi dua DKI Jakarta 5 emas, 3 perak, 1 perunggu. Serta Jawa Timur melengkapi tiga besar dengan 3 emas, 4 perak, 2 perunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya