Ditta Vanesha Persembahkan Medali Emas Perdana untuk Sumut Lewat Aerosport di PON 2024

Atlet Aerosport Sumut, Ditta Vanesha Aulya Putri, meraih medali emas perdana, untuk Provinsi Sumut.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Aceh Utara, VIVA  – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil menyabet medali emas perdana di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, lewat cabang olahraga (Cabor) Aerosport, kategori economic foot launch (FL).

Dua Perenang Jatim Raih Medali Emas dan Perak di PON 2024, Pj Gubernur: Saya Turut Merasa Bangga

Medali emas tersebut, dipersembahkan oleh Ditta Vanesha Aulya Putri, yang merupakan atlet aerosport andalan Sumut. Dalam pertandingan tersebut, berlangsung di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu 31 Agustus 2024.

Ditta berhasil mengungguli Rinu Via Maylira, atlet berasal Sumatera Selatan di posisi dua dan Lis Andriana asal Jawa Tengah di posisi ketiga.

Viral! Kontroversi Tinju PON 2024, Wasit Diduga Bantu Petinju Tuan Rumah

Ditta Vanesha berhasil mengumpulkan 1.000 poin mengalahkan Rinu Via Maylira dengan 671 poin dan Lis Andriana dengan 615 poin.

"Juara pertama dari Aceh atas nama atlet Henning Paradigma. Kemudian untuk economic foot launch Putri, juara pertama dari Sumatera Utara dengan nama atlet Ditta Vanesha Aulya Putri," ucap Technical Delegate Paramotor PON 2024, Aceh-Sumut, Cahyo Alkantana.

Calista Setiawan, Pewushu Jateng Sukses Sabet Medali Emas di PON 2024

Atlet paramotor PON XXI saat berlomba di venue Bandara Malikussaleh, Aceh Utara. (Dok. Istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Sedangkan, di nomor navigasi kategori foot launch putra Sumut di PON XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, masih belum berhasil meraih medali.

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengucapkan rasa syukur capaian medali emas, ditorehkan Ditta Vanesha Aulya Putri.  Dengan prestasi ini, diharapkan menular ke cabor-cabor lainnya. 

"Mudah-mudahan ini menular ke cabor-cabor lainnya, memicu atlet-atlet kita untuk memberikan yang terbaik," ucap John Ismadi Lubis.

Cabor Aerosport Paramotor memperebutkan 12 medali emas. Cabor ini mulai dipertandingkan sejak 29 Agustua dan berakhir di 9 September mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya