Pertandingan Perdana PON 2024, Cabor Senam Artistik Merebutkan Dua Medali Emas

Atlet senam artistik persiapan dalam sesi latihan, di GOR Serbaguna, Dispora Sumut, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh-Sumut, pertama kali mempertandingkan cabang olahraga (Cabor) senam artistik. Cabor ini, akan merebutkan dua medali emas dan berlangsung di GOR Serbaguna, Dispora Sumut, Kota Medan, Rabu 28 Agustus 2024.

KONI Tunda 19 Nomor Lomba Menembak PON 2024 Akibat Cuaca Ekstrem dan Atap Venue Ambruk

Cabor artistik, akan mempertandingkan nomor artistik akan berlangsung mulai 28-31 Agustus. Sedangkan nomor ritmik mulai 3-4 September, dan senam aerobik 7-8 September. 

Medali emas akan diperebutkan melalui nomor beregu putra dan putri. Di nomor senam artistik, total ada 14 medali emas yang diperebutkan. Masing-masing 8 emas (putra) dan 6 emas (putri).

Atlet Boling Jatim Sabet Medali Emas Nomor Tim 4 Putri di PON 2024

"Sarana pertandingan sangat bagus. Memang sarana pendukung sudah kami minta, cuma belum datang," ucapan Ketua Tim Delegate senam artistik putra, Pepen Apendi kepada wartawan, Selasa 27 Agustus 2024.

Pepen menjelaskan, pada tes alat dan venue berjalan dengan baik. Atlet juga tampak tidak mengalami keluhan. Termasuk peralatan lomba yang digunakan sangat lengkap dan masih baru. 

Eksibisi HOK PON 2024 : Jabar Medali Emas, Banten Perak dan Sumut Perunggu

"Seperti partisi (pembatas) antara tempat latihan dan pertandingan harus ditutup. Jadi, supaya clear, kapan saat latihan dan bertanding," jelas Pepen.

Selain itu, kondisi penerangan lampu juga butuh penambahan dan pengaturan. Termasuk lampu sorot yang terlalu terang akan diatur posisinya. Dikatakan Pepen, di nomor palang tunggal keterangan lampu sangat penting, agar mereka bisa tampil maksimal. 

"Tapi, hari ini untuk lantai, kuda pelana, dan gelang-gelang tidak ada masalah pencahayaan," kata Pepen.

Sementara, untuk fasilitas pendukung lainnya seperti toilet juga sangat terbatas jumlahnya. Maka, opsi toilet (WC) portable juga bisa menjadi solusi. "Agar nanti saat tes doping kita siap. Termasuk untuk atlet, wasit, dan penonton. Kami sore ini akan cek mana yang bisa difungsikan. Karena toilet di VIP cuma satu," ucapnya. 

Kemudian untuk nomor ritmik, pihaknya meminta pengelola venue untuk menutup semua celah cahaya dari luar dan jendela yang terbuka. Sebab, cabor ritmik menghindarkan angin serta cahaya yang silau. 

"Kita sudah minta semuanya. Harusnya H-2 sudah diselesaikan. Tapi, kami minta hari ini bisa dikerjakan karena besok sudah tanding. 

Pada beregu putra, setiap tim akan tampil di alat kuda pelana, lantai, gelang-gelang, meja lompat, palang sejajar, dan palang tunggal. Sedangkan beregu putri bermain di meja lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, dan lantai. 

Selain nomor artistik, senam juga mempertandingkan nomor ritmik (5 emas) dan nomor aerobik (4 emas). Total, cabor senam pada PON 2024 total memperebutkan 23 medali emas. 

Pada PON kali ini akan diikuti oleh 36 atlet putra dan 33 atlet putri yang berasal dari 14 KONI provinsi se-Indonesia. Sedangkan usia minimal atlet putra yang boleh bertanding 17 tahun, sedangkan putri 16 tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya