PON Sumut 2024, Pangdam I BB: Jadi Tuan Rumah yang Baik, Tinggalkan Kesan Baik

Logo PON XXI Tahun Aceh-Sumut.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Kodam I Bukit Barisan (BB) menggelar Jalan Santai atau Fun Walk Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024 di kawasan Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan, Minggu pagi, 25 Agustus 2024. Kegiatan ini, sekitar 5.000 peserta.

Gunakan Wasit Liga 1, Jatim Kalahkan Aceh di Semifinal PON 2024

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mocahammad Hasan menjelaskan kegiatan Jalan Santai tersebut, menjadi bagian penting dari upaya mengajak partisipasi dan dukungan seluruh warga Sumut menyukseskan PON 2024.

“Menjadi tuan rumah yang baik, meninggalkan kesan yang baik. Karena kita menuggu PON ini lebih dari 60 tahun, sejak PON ke-3 tahun 1953 yang berlangsung meriah. Dan sekarang ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bagaimana bisa sukseskan dan berhasil,” ujar Hasan.

Pesanda Andalan Sumut, Fereddy Sinaga Sukses Raih Emas di PON 2024

Kegiatan ini, yang digelar Kodam I Bukit Barisan dalam rangka mengajak masyarakat untuk antusias mendukung telaksananya event olahraga nasional di Sumut.

Kemudian di kesempatan yang sama, Hasan memperkenalkan Kapolda Sumut yang baru saja menjabat kepada masyarakat. Dirinya berharap pihak kepolisian bisa bekerja sama menyukseskan PON XXI nantinya.

Cerita Cemerlang Pelari Asal Babel Boyong 3 Medali Sekaligus di PON 2024

"Nah disebelah kanan saya ini ada bapak Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, beliau adalah bapak Kapolda Sumut kita yang baru. Jadi beliau baru menjabat kurang lebih sebulan, bergabung dengan kita disini," ucap Hasan.

Dirinya pun meminta pihak Kepolisian agar bisa bekerjasama menjaga keamanan dan ketertiban masyarkat saat perhelatan olahraga akbar nasional tersebut bergulir 8-20 September 2024 mendatang.

"Mari sama-sama kita dukung tugas Kepolisian untuk menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat. Jadi tidak boleh terjadi ada kontingen provinsi lain yang dibegal, setuju ya? Nah ini kalau sampai terjadi, kita bisa malu. Nah ini tanggungjawab kita semua," kata Hasan.

Kegiatan Jalan Santai tersebut mengambil rute sekira 10 Kilometer, dari Jalan Pengadilan-Jl Kapten Maulana Lubis-Jl Putri Hijau-Jl Guru Patimpus-Jl Gatot Subroto-Jl Iskandar Muda-Jl Gajah Mada-Jl S Parman-Jalan Kejaksaan dan kembali ke Jalan Pengadilan. 

Kemudian, berlanjut kegiatan di Lapangan Benteng, diantaranya Senam, Lomba Perayaan Hari Kemerdekaan RI, undian berhadiah, festival kuliner serta hiburan musik. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Arief S Trinugroho mengatakan kegiatan Jalan Santai Road to PON XXI/2024 bukan sekadar olahraga bersama, tetapi sebagai momentum penting untuk menyatukan semangat. Demi suksesnya gelaran pesta olahraga, dimana Sumut menjadi tuan rumahnya, bersama dengan Provinsi Aceh.

“Tentu ini adalah kesempatan emas kita untuk menunjukkan kepada seluruh anak bangsa, betapa Sumatera Utara mampu menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan profesional,” kata Arief.

Menurutnya, kegiatan Jalan Santai ini merupakan simbol dari kebersamaan dan persatuan. Sebab olahraga menjadi ajang mempererat silaturahmi, memupuk rasa kebersamaan, dan memperkuat soliditas masyarakat. Sehingga seluruh elemen bisa memiliki semangat kolektif dalam menghadapi PON XXI 2024.

“Kita semua harus sinergi dan bekerja sama untuk memastikan PON XXI 2024 bisa memberikan kesan yang mendalam bagi setiap peserta dan tamu yang hadir. Mari kita tunjukkan bahwa Sumatera Utara adalah wilayah yang penuh dengan kehangatan, semangat gotong royong dan keramahtamahan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya