Regional Jawa Tutup 3X3 Indonesia Tournament 2024, 5 Tim Berpeluang tampil di Ajang Internasional

Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Berakhir
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament sudah usai. Lima tim terbaik telah didapat dari lima kategori dalam pencarian sejak dari play in.

Sosok Nikocado Avocado yang Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan

Ini setelah Final Regional Jawa yang berlangsung di Citos Cilandak, Jakarta Selatan, menahbiskan The Bees jadi yang terbaik di kategori KU12 Mix usai kalahkan Fantastic 4 di final dengan skor 12-10.

Kemudian di kategori KU15 Putra, Harsh jadi yang terbaik usai kandaskan perlawanan Burung Petarung 11-8. Lalu di KU18 Putra Labroony juara usai kalahkan Gorillaz A melalui overtime 10-9.

Sisi Lain dan Kisah Inspiratif dari PON Aceh-Sumut, Pemicu Kemajuan UMKM

Selanjutnya di KU23 Putri, JKT Can dengan meyakinkan juara setelah atasi perlawanan Deru Aspal 16-4. Adapun dari KU23 Putra, Berns Basketball 3 jadi yang terbaik usai atasi USM B dengan kedudukan 16-13.

Babak Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament berlangsung meriah. Antusiasme penonton yang memberikan support membuat suasana menjadi heboh. 

Ratusan Anggota Ikut PON XXI, Irjen Dedi: Cetak SDM Polri Unggul Melalui Olahraga

Bahkan dalam persaingan menjadi juara di Final Regional Jawa sampai harus melewati overtime. Saat Berns Basketball melawan USM B di penyisihan Pool A yang kemudian dimenangkan Berns Basketball 9-7.

Lalu final KU12 Mix yang pertemukan The Bees melawan Fantastic 4 yang dimenangkan The Bees melalui overtime dengan kedudukan 12-10 untuk The Bees. Kemudian overtime juga terjadi di final KU18 Putra saat Gorillaz A menangi duel melawan Labroony dengan kedudukan 10-9.

Ketua Umum PP PERBASI Danny Kosasih memberikan apresiasi terhadap semangat juang para peserta. Mereka tidak kenal lelah berjuang untuk menjadi yang terbaik. 

Perjuangan mereka tidak hanya di partai final ini tapi juga sejak Play In di daerah masing-masing. “Selamat untuk para juara terpenting tetap berlatih untuk juara selanjutnya,” pesan Danny Kosasih.

Menurut Danny, animo basket 3X3 sudah semakin baik. Banyak anak muda yang menekuni basket 3X3.

“Cuma saya mau ingatkan jika ingin fokus di 3X3 tidak usah bolak balik ke 5on5. Nanti apa yang dikerjakan sayang. Kalau main terus di 3X3 nilainya terus bertambah. Penambahan nilainya adalah setiap ikut bertanding. Tapi kalau pindah ke 5on5 lagi, nilainya akan turun terus,” terang Danny.

Padahal, lanjut Danny, basket 3X3 menawarkan peluang yang sangat besar menuju kejuaraan dunia. Jika banyak atlet fokus di basket 3X3, akan membuka jalan bawa nama Indonesia di kancah internasional.

“Masalahnya, anak Indonesia tidak mau fokus di 3X3. Padahal menurut saya, kesempatan masuk ke kejuaraan dunia lebih banyak, karena kalau banyak bertanding akan dapat banyak nilai dan nanti akan menjadi tim yang bisa wakili indonesia,” jelasnya.

Peluang besar membawa nama Indonesia di kancah internasional ini membuat PT Supersport Sensation (SSS) Internasional sebagai penyelenggara Mandiri 3X3 Indonesia Tournament bersama PP Perbasi dengan dukungan Bank Mandiri Tbk, ini semakin bersemangat.

Apalagi, tujuan dilaksanakannya turnamen ini memang untuk memfasilitasi atlet agar mudah terpantau okeh PP Perbasi guna membangun kekuatan Basket 3X3 di masa depan.

“Ke depan ingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Perbasi dalam pengembangan talenta 3x3 khususnya. Sebagaimana kita ketahui, setiap tahun kita melakukan inovasi. Baik itu dari sisi format maupun kelompok umur,” terang Direktur PT SSS International Azwan Karim.

“Terkait kelompok umur, kita tambah dari tahun ke tahunnya mengikuti saran dari PP Perbasi. Ini karena kita sepakat bahwa regenerasi jalan terus,” lanjutnya.

Azwan menjelaskan bahwa untuk KU12, animonya luar biasa. Baik itu di Sulawesi yang dikonsentrasikan di Makassar maupun pelaksanaan di Sumatera yang difokuskan di Medan dan Jawa. 

“KU12 di Medan, Makassar, dan Jawa banyak pesertanya. Itu membuat kita happy juga yakin tentang regenerasi. Ajang ini juga bisa menjadi scouting talent oleh Perbasi untuk timnas,” ucapnya.

Sementara itu, dari Bank Mandiri yang diwakili Branch Manager Pondok Indah Dinny Erlinda mengatakan bahwa senang dengan pelaksanaan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament. Apalagi pelaksanaan turnamen ini sudah memasuki tahun ke tiga.

“Saya senang sekali berada di sini di tengah Bapak ibu dan adik-adik semua. Kami senang bisa berpartisipasi. Semoga Bank Mandiri bisa terus ikut berpartisipasi,” jelas Erlinda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya