Potret Duo Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024 Ikut Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan)
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Penajam Paser Utara, VIVA – Dua peraih medali medali emas Olimpiade Paris 2024 untuk Kontingen Indonesia, Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah, tertangkap hadir mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu 17 Agustus 2024. 

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Mereka terlihat duduk bersebelahan di salah satu area saat upacara berlangsung. Veddriq dan Rizki kompak mengenakan jaket putih Kontingen Indonesia lengkap dengan topi hitam mereka masing-masing. Jersey itu yang juga dipakai mereka saat naik podium penyerahan medali Olimpiade Paris 2024.

Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan) atlet RI peraih Medali Emas

Photo :
  • kolase foto
Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Dalam momen upacara HUT ke-79 RI itu, Rizki sempat mengangkat medali emasnya saat menyadari dirinya tengah disorot kamera. Keduanya pun melambaikan tangan sembari menyapa para hadirin yang ada.

Veddriq dan Rizki menjadi duo sosok atlet yang berhasil mendongkrak peringkat Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 ke posisi 39 dunia. Bersama tunggal putri bulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, yang meraih medali perunggu, mereka pun berhasil membawa Tim Merah Putih menjadi yang terbaik kedua di antara negara Asia Tenggara lainnya setelah Filipina.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan)

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Selain itu, pencapaian tersebut juga menjadi kemajuan bagi Kontingen Indonesia dari olimpiade sebelumnya. Sebab pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Tim Merah Putih hanya mampu melaju ke posisi 55 dunia.

Pada Olimpiade Paris 2024, Veddriq menggondol medali emas lewat cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed putra. Dia sukses mengalahkan wakil China, Wu Peng, dengan torehan waktu 4,73 detik berbanding 4,77 detik.

Sementara itu, Rizki sukses menyumbang emas di cabor angkat besi nomor 73 kilogram (kg) putra. Dia mampu melakukan total angkatan 354kg mengalahkan wakil Thailand, Weeraphon Wichuma, dengan total angkatan 346kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya