Kukuhkan 20.000 Blue Volunteer PON 2024 di Sumut, Pj Gubernur Ingin Pecahkan Rekor MURI

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menghadiri Gebyar Semarak PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 dan Pengukuhan Blue Volunteer PON XXI Aceh - Sumut.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengukuhkan 20.000 relawan biru Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI untuk wilayah Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai. 

Selisih 1 Poin dari DKI Jakarta, Tim Esport Sumbar Sabet Medali Emas Nomor PUBG di PON 2024

Sementara itu, jumlah peserta yang mendaftar volunteer mencapai lebih dari 81.000 peserta dan dirinya optimis angka tersebut dapat memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk relawan PON terbanyak se-Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Agus Fatoni dalam kegiatan Gebyar Semarak PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 dan Pengukuhan 20.000 Relawan Biru PON XXI Aceh - Sumut untuk wilayah Batubara, Asahan dan Tanjungbalai di Halaman Kantor Bupati Batubara, Jalan Lintas Sumatera - Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumut, Kamis 15 Agustus 2024.

FOMO Simpati Sepakbola Sulteng di PON: Ahmad Ali Dihujat, Cudy Dipuji

“Saat ini sudah terdaftar kurang lebih 81 ribu sukarelawan, dan akan kita memecahkan rekor MURI,” ucap Agus Fatoni.

Fatoni juga mengajak masyarakat untuk ikut mendaftar menjadi relawan biru. Kategori sukarelawan ini merupakan mereka yang tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasa. 

Dua Perenang Jatim Raih Medali Emas dan Perak di PON 2024, Pj Gubernur: Saya Turut Merasa Bangga

“Relawan Biru adalah sukarelawan yang mendedikasikan, mencurahkan energinya bersama-sama untuk menyukseskan PON,” ucap Fatoni.

Selain itu, Fatoni juga mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan PON XXI. Masyarakat bisa berkontribusi sesuai dengan peran dan kapasitasnya masing-masing, mulai dengan meramaikannya media sosial hingga menyambut para peserta dengan izin.

“Terakhir kita jadi tuan rumah PON itu tahun 1953, sudah lama sekali, tahun ini kita jadi tuan rumah. Kalau nanti digilir, kalau ada 38 provinsi mungkin kira-kira bisa 80 tahun lagi kita baru bisa jadi tuan rumah,” ujar Fatoni.

Dirinya meminta masyarakat agar menjaga nama baik Sumut, salah satunya dengan menjaga situasi lingkungan. Masyarakat Sumut bisa mengenalkan potensi yang ada di daerah ini, seperti budaya, kekayaan alam hingga kuliner.

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

“Perekonomian akan tumbuh, semoga Sumut pun juga mendunia, mari kita terus jaga nama baik ini,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Batubara Heri Wahyudi Marpaung mengatakan masyarakat Batubara mendukung pelaksanaan PON XXI yang akan diselenggarakan di Sumut, khususnya Batubara. 

Heri pun, berharap dengan pengukuhan relawan tersebut akan menambah semangat masyarakat untuk menyukseskan PON XXI Wilayah Sumut.

“Mudah-mudah pelaksanaan pengukuhan hari ini mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT sehingga PON ini dapat terlaksana sesuai dengan keinginan kita,” kata Heri. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharudin Siagian, Kepala Dinas Pendidikan Haris Lubis, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ismael Sinaga dan OPD Pemprov Sumut lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya