Media Asing Soroti Besaran Bonus Medali Emas Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan) atlet RI peraih Medali Emas
Sumber :
  • kolase foto

Jakarta, VIVA – Besaran nilai bonus hadiah uang tunai untuk para peraih medali emas Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 mencuri perhatian. Hal ini tak lepas karena total uang yang disiapkan lebih besar dari sebelumnya.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Salah satu media asing asal Malaysia, Makan Bola, turut menyoroti kabar tersebut. Sosok Veddriq Leonardo pun dipampang dalam artilkel yang tayang pada Kamis 15 Agustus 2024. 

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo

Photo :
  • AFP/JONATHAN NACKSTRAND
Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Atlet panjat tebing itu berhasil menjadi penyumbang medali emas pertama untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Dia turun di nomor speed putra mengalahkan wakil China, Wu Peng pada partai final dengan waktu tempuh 4,75 detik berbanding 4,77 detik.

Berkat pencapaian itu, Veddriq pun dihadiahkan nilai uang bonus sebesar Rp6 miliar. Begitupun dengan Rizki Juniansyah yang sukses menggondol emas kedua untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

“Peraih medali emas Olimpiade 2024 asal Indonesia akan menerima hadiah menarik sebesar Rp6 miliar (RM1,7 juta),” bunyi artikel Makan Bola.

Gregoria Mariska Tunjung sabet medali perunggu Olimpiade 2024

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Rizki turun di cabang olahraga (cabor) angkat besi nomor 73 kilogram (kg) putra. Dia berhasil melakukan total angkatan sebesar 354 kg melampaui wakil Thailand, Weeraphon Wichuma, dan Bozhidar Andreev dari Bulgaria yang duduk di peringkat kedua dan ketiga dengan masing-masing total angkatan 346 kg dan 344 kg.

Selain kedua atlet tersebut, Kontingen Indonesia juga punya satu perunggu di Olimpiade Paris 2024. Adapun medali tersebut disumbang oleh tunggal putri bulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung.

Nominal bonus yang didapat bagi peraih perunggu sebesar Rp1,65 miliar. Presiden Joko Widodo juga memberikan uang insentif kepada para atlet yang telah berjuang meski tak dapat medali sebesar Rp250 juta.

Sekadar informasi, nilai bonus peraih medali emas Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 sebelumnya sebesar Rp5,5 miliar. Artinya, nominal hadiah kali ini meningkat sekitar Rp500 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya