Selam Sumut Target 2 Medali PON 2024, Persaingan Diprediksi Pulau Jawa Plus Bali

Atlet Sumut selam laut saat menggelar sesi latihan persiapan PON 2024.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sumatera Utara (Sumut) usung misi target dua medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI/2024.

Selisih 1 Poin dari DKI Jakarta, Tim Esport Sumbar Sabet Medali Emas Nomor PUBG di PON 2024

Ketua Pengprov POSSI Sumut, Dr Donny Setha, ST, SH melalui Sekretaris Umum, Zunaidi Iskandar Peranginangin menuturkan bila target yang disung diharapkan mampu diraih para atlet. PON 2024, cabor selam ini mempertandingkan 25 nomor.

"Soal target, dari cabor selam kita targetkan dua medali di PON nanti. Mudah-mudahan bisa terwujud dan dipersembahkan atlet selam laut dan selam kolam kita," ungkap Zunaidi, Senin 12 Agustus 2024.

FOMO Simpati Sepakbola Sulteng di PON: Ahmad Ali Dihujat, Cudy Dipuji

Adapun nomor yang dipertandingkan antara lain, dari nomor laut, mcorse (putra putri), five points corse (putra putri), renang laut /fin swimming (putra putri) 3.000 m. Sedangkan nomor selam kolam, bifin putra 50 m, 100 m, 200 m dan 400 m.

Untuk putri, 100 m dan 200 m. Lalu monofin putri 50 m upmea, 50 m surface, 200 m surface, 400 m surface dan 800 m surface. Serta 50 m upmea putra dan putri.

Dua Perenang Jatim Raih Medali Emas dan Perak di PON 2024, Pj Gubernur: Saya Turut Merasa Bangga

Sedangkan venue pertandingan, nomor kolam selam digelar di Kolam Renang Tirta Raya, Kota Banda Aceh. Untuk nomor selam kolam berlangsung di Pelabuhan CT. 1 BPKS Sabang, Aceh. POSSI Sumut sendiri mengirimkan 11 atlet tampil di PON 2024. Mereka dibawah asuhan pelatih Iwan Krisnawan, Prima Dewi dan Santi Ramadhani.

Atlet nomor laut, Sahru Putra Wajih, Erlangga Andaru Rinaldi, Andhini Arhyani dan Hannisa Irani Lubis. Sedangkan nomor selam kolam, Dimas Andrianto, Arkansyah Purba, Rifki Maulana Pasaribu, Vany Nove Tri Audiva, Andindia Rahimah, Resi Dwi Ananda dan Melisa Humairah Lubis.

Pelatih selam laut, Iwan Krisnawan menambahkan, bila persaingan cukup ketat. Selain kontingen asal Pulau Jawa, kontingen yang sudah mempersiapkan diri juga akan menjadi penantang serius. Diketahui sejumlah atlet telah tiba di Sabang untuk menjalani pelatihan sebelum PON 2024 dimulai.

"Kalau persaingan, tidak bisa kita pungkiri kontingen dari Pulau Jawa masih mendominasi. Sepeti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, juga Bali saya kira akan mendominasi," sebut Iwan.

Sekretaris Umum POSSI Sumut, Zunaidi Iskandar Peranginangin menambahkan, hingga saat atlet masih terus berlatih. Pengajuan agar atlet OBA berangkat terlebih dahulu belum mendapat kepastian.

"Kami masih menunggu kepastian soal berangkat atlet selam laut terlebih dahulu. Tapi sampai sekrang ini belum ada kabar dan kami masih menunggu itu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya