Pakai Jubah Bebaskan Perempuan Afghanistan, Atlet Ini Didiskualifikasi dari Olimpiade 2024

Manizha Talash
Sumber :
  • Yahoo sport

VIVA – Atlet breakdance putri Afghanistan Manizha Talash didiskualifikasi dari Olimpiade Paris 2024. Hal itu lantaran ia mengenakan jubah bermuatan politik.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Momen itu terjadi dalam babak kualifikasi kelas B-girl melawan India Sarjoe dari Belanda di La Concorde 1, Jumat 9Agustus 2024. 

Saat akan melawan Sarjoe, Manizha mengenakan kaus hitam kombinasi jubahbiru.

Sinar Mas Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Paris 2024

Awalnya tidak ada yang aneh dalam penampilannya. Akan tetapi, di tengah-tengah menunjukkan performa, Manizha mengubah busananya dengan mengeluarkan jumper biru. 

Di balik jubah biru tersebut bertuliskan 'Bebaskan Perempuan Afghanistan.'

Anindya Bakrie: Pencapaian di Olimpiade Mengajarkan Optimisme Hadapi Tantangan Ekonomi

Sedangkan slogan dan pernyataan politik dilarang di lapangan permainan dan di podium Olimpiade dan panitia kemudian mengatakan bahwa atlet berusia 21 tahun itu telah didiskualifikasi.

"B-Girl TALASH (EOR) didiskualifikasi karena menampilkan slogan politik pada pakaiannya selama pertandingan Pra-Kualifikasi. Hasil telah diperbarui sesuai dengan itu," tulis Federasi Tari Dunia.

Di sisi lain, di Olimpiade 2024, Afghanistan diwakili oleh kontingen yang terdiri dari tiga wanita dan tiga pria, sebuah langkah yang diambil Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara simbolis memberikan pesan pada Taliban

Sejak mengambilalih Afghanistan, Taliban dilaporkan telah membatasi akses wanita dan anak perempuan ke olahraga dan pusat kebugaran karena dinilai tidak sesuai dengan tuntutan humum Islam. 


 
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya