Perkuat Kontingen Sumut, 21 Mahasiswa UMSU Siap Bertarung dan Ukir Prestasi di PON 2024

UMSU lepas 21 mahasiswa perkuat kontigen Sumut untuk bertarung di PON 2024.(dok UMSU)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA– Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melepas 21 mahasiswa yang mewakili Sumut sebagai atlet pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

Tim Drum Band Sumut Sukses Persembahkan 4 Emas dan 1 Perak di PON 2024

Acara pelepasan dipimpin langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP bersama Wakil Rektor III Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si bersama Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, Prof. Dr. Agung Sunarno, M.Pd. di Pascasarjana UMSU Jalan Denai, Kota Medan, Sabtu 10 Agustus 2024.

Sebanyak 21 mahasiswa UMSU yang mewakili Sumut akan bertanding sebagai di 12 cabang olahraga yakni Basket, Karate, Voli, Bulutangkis, Bridge, Shorinji Kempo, E-Sport, Kempo, Arung Jeram, Muay Thai, Voli serta Angkat Berat. Para atlet akan melaksanakan karantina pada Agustus dan mulai pertandingan PON 2024 pada September 2024.

PON 2024 Renang: Emas Bersejarah Sulteng dan Bali, Joe Aditya Sabet 2 Emas

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani menyampaikan rasa syukur dan bangga melepas 21 atlet UMSU mewakili Sumatera Utara. Dia mengatakan apresiasi kepada para atlet telah menjadi komitmen sejak lama.

"Olahraga tidak dapat dipisahkan dari konteks akademik. Kami hanya sebagai produk knowladge dan apresiasi ini menjadi komitmen UMSU dalam memajukan dan melahirkan atlet olahraga se-Sumatera Utara," kata Rektor UMSU.

Perenang Andalan Sumut Felix Viktor Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Dia berharap, para atlet UMSU dapat mengimbangi antara prestasi olahraga dengan akademik dan dapat menyelesaikan perkuliahan seperti mahasiswa lainnya.

"Terima kasih KONI Sumut yang telah memberikan support kepada UMSU. Semoga kedepannya ada penandatangan MoU antara UMSU dan KONI," harap Prof. Agussani.

Para atlet UMSU yang pernah menyumbang medali di PON sebelumnya ada Juwita Niza Wazni (Wushu), Nicky Dwi Oktari (Karate) dan lainnya.

Kemudian Wakil Ketua KONI, Prof. Agung menyampaikan apresiasi kepada UMSU yang memberikan kontribusi terhadap cabang olarharga di Sumatera Utara. 

"Ada 21 atlet dari UMSU yang menjadi kotingen dan membela Sumatera Utara. Ananda orang-orang terpilih dan terbaik yang mampu memberikan kontribusi medali emas, bagi Sumut," kata Prof. Agung.

Wakil Ketua KONI Sumut itu menargetkan Sumatera Utara dapat berada di tingkat 5 nasional, "Terima kasih UMSU telah memberikan apresiasi kepada para Atlet. Saya lihat ada peluang-peluang atlet membawa Medali," ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Atlet dari cabang olahraga Angkat Besi, Siti Fadillah Siregar mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan yang diberikan kampus.

"Kami berterima kasih kepada Pak Rektor yang selalu mendukung dan memfasilitasi kami. Sejauh ini, kami sudah melakukan latihan semaksimal mungkin. Semoga di PON kami dapat membawa medali," harap Siti.

Sebelumnya, para atlet UMSU pernah meraih prestasi pada kejuaraan Nasional dan Internasional seperti ASEAN University Games 2024 hingga Milo Open Karate Championship 2024 di Malaysia.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan tali asih kepada para atlet yang diwakili oleh Reza Mahendra (Atlet Karate) dan Mu'allimah Sari (Atlet Voli).

Turut hadir Kepala Biro Kemahasiswan, Dr. Radiman, S.E, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, S.Sos., MSP, Sekretaris PWI Sumut, SR Hamonangan Panggabean serta para Atlet UMSU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya