Dulu Gagal di Ninja Warrior, Kini Veddriq Leonardo Pecahkan Rekor Olimpiade!

Veddriq Leonardo sabet medali emas
Sumber :
  • AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

Jakarta, VIVA – Keberhasilan Veddriq Leonardo meraih medali emas cabang olahraga panjat tebing nomor speed putra di Olimpiade Paris 2024 membuat sosoknya terus menjadi sorotan.

Cabor Senam Aerobik Jambi Boyong Medali Emas PON 2024 Aceh-Sumut

Belakangan beredar di media sosial, video menampilkan Veddriq Leonardo sedang mengikuti program Ninja Warrior yang ditayangkan di salah satu tv nasional.

Usut punya usut, Veddriq mengikuti program tersebut pada Januari 2017 silam. Saat itu atlet panjat tebing kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini baru berusia 19 tahun.

Atlet Barongsai Aceh Boyong Medali Emas di Nomor Ketangkasan PON 2024

Pada kesempatan itu, Veddriq berhasil menyelesaikan sejumlah tantangan Ninja Warrior dalam waktu 59 detik. Meski tak menjadi yang tercepat, ia tetap lolos top 100 untuk menuju semifinal.

Kalahkan Veddriq Leonardo Cs, Tim Speed Relay Putra Sumut Raih Emas PON 2024

Sayangnya, langkah Veddriq di Ninja Warrior harus berhenti di babak semifinal 1. Alumnus Universitas Tanjungpura itu kehabisan waktu saat berupaya melewati tantangan akhir di babak tersebut.

“Alhamdulillah udah kelar Ninja Warrior,” tulis Veddriq di Instagram pribadinya, dikutip Sabtu, 10 Agustus 2024.

Terlepas dari gagalnya langkah Veddriq di Ninja Warrior, tujuh tahun berlalu, laki-laki yang kini berusia 27 tahun itu berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Medali emas ini diraih Veddriq usai mengalahkan wakil China, Wu Peng di final. Veddriq unggul 4,75 detik atau lebih cepat 0,02 detik dari Wu Peng yang mencatatkan waktu 4,77 detik.

Medali emas yang diraih Veddriq merupakan  emas pertama buat Indonesia dari cabang olahraga di luar bulutangkis. Sekaligus medali pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam sejarah olimpiade.

Veddriq Leonardo raih medali emas di Olimpiade 2024

Photo :
  • (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Veddriq mempersembahkan medali emas yang ia raih sebagai kado ulang tahun Republik Indonesia ke-79.

"Senang sekali, Alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," kata Veddriq dalam keterangan resmi NOC Indonesia yang diterima VIVA Jumat, 9 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya