Imane Khelif Sabet Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Petinju wanita Aljazair, Imane Khelif di Olimpiade Paris 2024
Sumber :
  • AP Photo/John Locher

Jakarta, VIVA – Imane Khelif berhadapan dengan Yang Liu dalam pertandingan final perebutan medali emas cabang olahraga tinju kelas 66 kg putri Olimpiade Paris 2024. Duel ini diselenggarakan di Roland-Garros Stadium, Sabtu dini hari WIB 10 Agustus 2024.

Daud Yordan Sukses Tumbangkan Hernan Carrizo di Ronde 9, Raih Gelar Dunia IBA

Imane Khelif dinyatakan sebagai peraih medali emas dari pertandingan ini. Dia unggul dalam perolehan angka dari Yang Liu dengan catatan 5-0.

Pertandingan berjalan dengan sengit. Petinju andalan Aljazair yang sejak awal tampil baik mampu mendaratkan pukulan telak ke arah Yang Liu.

Daud Yordan Siap Tumbangkan Petinju Argentina di Ajang IBA World Super Lightweight Championship

Yang Liu yang tak ingin kehilangan momentum karena terus ditekan mencoba bangkit. Berbagai upaya dilakukannya untuk bisa membalas pukulan dari Imane Khelif.

Petinju wanita Aljazair, Imane Khelif di Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • AP Photo/Ariana Cubillos
Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Pada akhirnya juri menentukan Imane Khelif sebagai peraih medali emas. Yang Liu terlihat tidak kecewa ketika pengumuman. Senyum dari bibirnya merekah dan memberi selamat kepada sang lawan.

Bagi Imane Khelif keberhasilan merebut medali emas ini menjadi pembuktian sekaligus mematahkan cacian dan hinaan publik yang datang beberapa hari lalu.

Banyak yang menuding dia tak layak masuk dalam kategori olahraga perempuan. Hal itu merujuk hasil tes dari Federasi Tinju Internasional.

Akan tetapi Olimpiade memiliki pertimbangan lain. Imane Khelif diperbolehkan untuk bertanding di kelas 66 kg putri.

Tak dipungkiri oleh Khelif, ketika cacian dan hinaan dari publik datang, psikologisnya terganggu. Walakin, dia berhasil bangkit dan berdiri di podium pemenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya