Kisaran Bonus yang Diterima Veddriq dan Rizki usai Raih Emas Olimpiade 2024

Veddriq Leonardo raih medali emas di Olimpiade 2024
Sumber :
  • (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Jakarta, VIVA – Tim Indonesia sukses menyabet dua medali emas di Olimpiade Paris 2024. Dua medali emas itu dipersembahkan oleh atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi, Rizki Juniansyah.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Veddriq meraih medali emas usai mengalahkan wakil China, Wu Pang di final panjat tebing nomor speed putra. Ia mencatatkan waktu 4,75 detik, sementara lawannya hanya 4,77 detik.

Di kesempatan berbeda, Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas usai menyelesaikan total angkatan 354 kg dengan rincian angkatan snatch 155kg dan clean and jerk 199kg di cabang olahraga angkat besi nomor 73 kg putra.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Atlet angkat besi, Rizki Juniansyah

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Baik Veddriq dan Rizki sama-sama mencatatkan sejarah sebagai atlet pertama di cabang olahraga masing-masing yang meraih emas Olimpiade.

Perenang Andalan Sumut Felix Viktor Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Keberhasilan Veddriq dan Rizki Juniansyah meraih medali emas Olimpiade membuatnya berpeluang mendapatkan bonus dari pemerintah Indonesia.

Meski demikian, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum memberikan informasi resmi berapa bonus yang akan diberikan kepada atlet peraih medali Olimpiade 2024. Namun, Presiden Joko Widodo mengkonfirmasi bahwa bonus pasti diberikan.

“Yang jelas pasti ada bonus. Negara mengapresiasi, rakyat juga sangat bangga terhadap capaian emas itu,” ujar Presiden Jokowi di JCC, Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2024.

Jika berkaca dari besaran bonus yang diberikan pada Olimpiade Tokyo 2020 (2021) peraih medali emas berhak mendapatkan bonus sebesar Rp5,5 miliar.

Sementara peraih medali perak mendapatkan kucuran bonus sebesar Rp2,5 miliar dan atlet peraih medali perunggu berhak mendapat bonus sebesar Rp1,5 miliar.

Gregoria Mariska Tunjung sabet medali perunggu Olimpiade 2024

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Adapun, pemerintah juga menyiapkan bonus sebesar Rp100 juta untuk atlet berprestasi yang ikut di barisan kontingen Indonesia, namun belum mampu membawa pulang medali.

Selain memberikan bonus pada atlet, pemerintah juga menyiapkan bonus untuk pelatih. Berikut Rincian Bonus untuk atlet dan pelatih Olimpiade Tokyo 2020.

1. Atlet

  • Emas: Rp5,5 miliar
  • Perak: Rp2,5 miliar
  • Perunggu: Rp1,5 miliar
  • Tanpa medali: Rp100 juta

2. Pelatih

  • Emas: Rp2,5 miliar
  • Perak: Rp1 miliar
  • Perunggu: Rp600 juta
  • Tanpa medali: Rp100 juta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya