17 Venue untuk 20 Cabor Disiapkan untuk Peparnas XVII di Solo

Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto (tengah) saat menyampaikan informasi terkait persiapan Peparnas XVII di Gedung Sekretariat Bersama Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 akan diselenggarakan di Kota Solo pada 6 - 13 Oktober 2024 mendatang. Untuk ajang pesta olahraga disabilitas tingkat nasional itu, Panitia Besar (PB) Peparnas telah mempersiapkan sebanyak 17 venue yang tersebar di Kota Solo dan daerah sekitarnya.

Lawan Cawalkot yang Diendorse Gibran di Pilkada Solo Tambah Dukungan 4 Parpol

NPC Indonesia selaku penyelenggara telah membentuk susunan PB Peparnas XVII Solo 2024 untuk melakukan persiapan hingga pasca pelaksanaan melalui Surat Keputusan Nomor 01/NPC-INA/PEPARNAS/XVII/2024 yang diterbitkan pada 29 Juli 2024 lalu.

Ketua Pelaksana PB PEPARNAS XVII DB Susanto mengatakan venue-venue tersebut tersebar di empat wilayah yakni Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar.

Ridwan Kamil Terima Curhatan Kaum Disabilitas, Soal Apa Saja?

"Mengingat Kota Solo pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 sehingga venue-venue yang saat ini tersedia di Kota Solo masih layak dipergunakan, walaupun ada beberapa yang memerlukan perbaikan kecil namun kita bisa kejar dalam waktu yang singkat ini," kata DB Susanto dalam sesi jumpa pers PB Peparnas  XVII Solo 2024 di Gedung Sekretariat Bersama Solo, Kamis 8 Agustus 2024.

Untuk mempersiapkan perhelatan tersebut PB Peparnas XVII Solo 2024, telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait guna mempersiapkan sarana dan prasarana para atlet yang berasal dari seluruh Indonesia. Diperkirakan akan ada sebanyak 4.625 atlet dari 34 provinsi di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Peparnas XVII Solo 2024.

Venue untuk Penutupan PON 2024 yang Tinggal 5 Hari Lagi Belum Rampung, Menpora Bilang Begini

"Jumlah ini mungkin bisa bertambah saat pelaksanaan seminar CdM nanti untuk memastikan berapa jumlah peserta dan dari berapa provinsi. Tapi kami telah mempersiapkan semuanya termasuk transportasi sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk kendaraan yang telah disesuaikan bagi atlet disabilitas," ujar DB Susanto.

Adapun 20 cabor tersebut adalah para bulutangkis, para catur, para renang, voli duduk, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, tenpin bowling, sepak bola CP, goalball, tenis kursi roda, basket kursi roda dan para e-sport.

Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan pemilihan 20 cabor tersebut mengacu pada cabor yang juga akan dipertandingkan pada ASEAN Para Games Thailand 2026. Hal ini tak lepas dari keinginan untuk mempertahankan juara di tingkat Asia Tenggara.

"Ada 18 cabor yang tanding dan dua eksibisi yakni basket kursi roda dan e-sport. Kita fokuskan di 20 cabor ini juga sebagai persiapan karena kita ingin mempertahankan juara keempat kalinya, kita tidak hanya hattrick tapi quartrik," ungkap Rima.

Rima menyebut Peparnas merupakan pemanasan sekaligus penjaringan bibit-bibit atlet baru yang memiliki potensi untuk meraih prestasi lebih tinggi. Terlebih untuk regenerasi atlet cabor-cabor yang berusia muda yang siap ditempa di Pelatnas selama kurang lebih setahun.

"Meski waktunya sempit tapi kami didukung Pemerintah, Kemenpora, Kejaksaan kita harus selenggarakan dengan baik. Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, pemberdayan ekonomi Kota Solo dan sekitarnya, untuk pembibitan kita harap regenasi atlet kita dapat di sini, seperti e-sport, basket, wheelchair tennis dan menembak," katanya.

Rencananya prosesi upcara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2024 di Stadion Manahan Solo. Sedangkan upacara penutupannya akan terselenggara pada 13 Oktober 2024 di lokasi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya