Ibunda Ungkap Rahasia di Balik Kesuksesan Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade

Veddriq Leonardo Medali Emas Perdana Indonesia di Olimpiade 2024
Sumber :
  • (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Kalimantan, VIVA – Ibunda Veddriq Leonardo, Rosita mengungkap rahasia sang anak berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Menurut Rosita, putranya merupakan sosok yang penuh semangat, gigih dan teguh pendirian, sehingga ia mampu meraih mwujudkan mimpinya di panggung internasional.

Veddriq berhasil membawa pulang medali emas usai memenangkan laga final cabang olahraga panjat tebing nomor speed putra melawan wakil China, Wu Peng pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024


Source : (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Bermain di Le Bourget Sport Climbing Venue, Veddriq berhasil mencatatkan waktu 4,75 detik, sementara Wu Peng mencatat 4,77 detik.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Veddriq juga mencatatkan sejarah peraih medali emas pertama buat Indonesia dari cabang olahraga di luar bulutangkis. Sekaligus medali pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam sejarah olimpiade, sebab di Tokyo, lead border dan speed digabung.

“Sejak kecil, Veddriq merupakan anak yang sangat gigih dan teguh pendirian. Jika dia mengatakan A, maka harus A. Dan setiap hari bahkan di saat ada kebakaran hutan di Kalimantan, ia tetap berlatih di bawah kabut asap yang memenuhi langit Kalimantan,” ujar Rosita dikutip dari Antara.

Tidak berhenti di situ, Veddriq juga sempat menyamai rekor dunia tercepat milik Samuel Watson asal Amerika Serikat, usai mengukir kecepatan waktu tempuh 4.79 detik di babak kualifikasi panjat tebing Olimpiade 2024 Selasa 6 Agustus 2024.

Catatan itu setara dengan hasil yang pernah diciptakan oleh atlet panjat tebing Amerika Serikat (AS), Sam Watson, pada 12 April 2024 lalu di Wujiang dengan waktu tempuh 4.79 detik.

Veddriq Leonardo Medali Emas Perdana Indonesia di Olimpiade 2024

Photo :
  • (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Veddriq juga melampaui rekor olimpiade yang pernah dicatat oleh Bassa Mawem dengan waktu 5,45 detik di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Perolehan medali emas tersebut membuatnya menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas dalam Olimpiade Paris 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya