Medali Emas Perdana Indonesia di Olimpiade 2024! Veddriq Leonardo Pecah Telur

Veddriq Leonardo sabet medali emas
Sumber :
  • AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

Paris, VIVA – Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo sukses meraih medali emas dari nomor speed putra Olimpiade Paris 2024. Ini menjadi medali emas pertama yang didapat Indonesia di cabang olahraga Panjat tebing.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Bermain di Le Bourget Sport Climbing Venue Kamis, 8 Agustus 2024, Veddriq sukses mengalahkan wakil China, Wu Pang di Line B saat final.

Memanjat setinggi 15 meter, Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik, sementara Wu Pang 4,77 detik. Adapun peraih perunggu didapat wakil Amerika Serikat dengan catatan waktu 4,77 detik usai mengalahkan wakil Iran, Reza Alipour.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Duel Veddriq Leonardo sabet medali emas

Photo :
  • AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

Sebelum tampil di final, Veddriq sukses mengalahkan wakil Prancis, Mawem Bassa di babak perempat final. Dalam pertandingan itu Veddriq mencatat 4,88 detik, sementara Bassa 5,26 detik.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Setelah mengalahkan wakil tuan rumah, atlet asal Pontianak itu melaju ke ke semifinal melawan wakil Iran, Reza Alipour.

Dalam pertandingan itu Veddriq berhasil menang dengan waktu 4,78 detik. Adapun Alipour hanya mencatat 4,84 detik.

Kemenangan tersebut sukses mengantarkan Veddriq ke final menghadapi Wu Pang dan berhasil membawa pulang medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade 2024. Kemenangan Veddriq atas Wu Pang berhasil memecahkan rekor dunia.

Beberapa hari yang lalu dalam babak seeding, Veddriq berhasil menyamai rekor dunia yang sebelumnya dicetak oleh Sam Watson dari Amerika Serikat di ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2024 di Wujiang, China, pada bulan April.

Saat itu, Sam Watson mencatatkan waktu 4,79 detik, yang kemudian berhasil disamai oleh Veddriq. Namun, tak lama setelah itu, Sam Watson berhasil memperbaiki rekornya dengan waktu 4,75 detik di babak eliminasi.

Veddriq kemudian berhasil menyamai catatan waktu 4,75 detik milik Sam Watson tersebut. Sementara Watson harus terhenti di semifinal usai kalah dari Wu Peng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya